Gol Semata Wayang Guedes Antar Portugal Juara Liga Bangsa-Bangsa

10 Jun 2019 04:04 Dunia

Portugal tampil sebagai juara Liga Bangsa-Bangsa 2019 setelah meraih kemenangan tipis, 1-0, di final Liga Bangsa-Bangsa, Senin 10 Juni 2019 di Estadio do Dragao. Gelar juara ini merupakan yang kedua bagi Portugal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Gol semata wayang Portugal diciptakan oleh Goncalo Guedes di menit ke-60. Kemenangan yang pantas didapatkan Portugal yang tampil apik di pertandingan ini. Gelar yang sempurna di depan public mereka sendiri.

Portugal memang tak dominan dalam penguasaan bola. Namun urusan serangan, Portugal jauh lebih efektif dan berbahaya ketimbang Belanda. Total sebanyak 18 kali tembakan dilayangkan Portugal di sepanjang pertandingan itu, berbanding 4 tembakan milik Belanda.

Data tersebut menunjukkan betapa tajamnya serangan yang dilancarkan Portugal. Bahkan para pemain Belanda pun harus melakukan tekel-tekel keras untuk menghentikan pergerakan pemain Selecao da Quinhas. Total 12 kali para pemain Belanda melakukan pelanggaran dan dua di antaranya berbuah kartu kuning.

De Oranje sendiri tercatat baru bisa menembus barisan pertahanan Portugal pada 15 menit terakhir. Namun berbagai upaya yang mereka lakukan tak membuahkan hasil hingga peluit panjang dibunyikan oleh wasit Alberto Undiano asal Spanyol.

Kemenangan ini membuat seluruh pendukung Portugal bersuka cita, begitu pula para pemain cadangan dan ofisial tim Portugal.

Bagi Cristiano Ronaldo sendiri, kemenangan ini menjadi hiburan pengganti setelah kegagalannya mengantarkan Juventus meraih gelar Liga Champions 2018-2019.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini