Liverpool berhasil menembus final Piala Dunia Antarklub usai mengandaskan perlawanan Monterrey di semfinal. (Foto: Twitter/@LFC)
Liverpool berhasil menembus final Piala Dunia Antarklub usai mengandaskan perlawanan Monterrey di semfinal. (Foto: Twitter/@LFC)

Gol Firmino Bawa Liverpool ke Final Piala Dunia Antarklub 2019

Ngopibareng.id Dunia 19 December 2019 05:48 WIB

Liverpool berhasil mengandaskan Monterrey dengan skor 2-1 di semifinal Piala Dunia Antarklub 2019 di Stadion Internasional Khalifa, Kamis 19 Desember 2019 dini hari WIB tadi. Kemenangan ini membuat pasukan Jurgen Klopp menyegel satu tempat di final Piala Dunia Antarklub 2019.

Di partai puncak, Jordan Henderson dkk akan bertemu dengan Flamengo. Ini akan menjadi ulangan duel di Piala Interkontinental 1981. Ini kesempatan bagi The Reds untuk membalas kekalahan 1-3 oleh juara Copa Libertadores 2019 kala itu.

Liverpool langsung menggebrak sejak menit-menit awal. Bahkan saat laga baru berjalan lima menit, Xherdan Shaqiri mendapat peluang emas. Tapi, tembakan pemain asal Swiss itu masih tipis di sisi gawang lawan.

Namun tak lama setelah peluang pertama itu tercipta, anak asuh Jurgen Klopp berhasil membuka keunggulan di menit 11 lewat gol yang dicetak Naby Keita.

Diawali umpan terobosan Mohamed Salah ke dalam kotak penalti Monterrey, Naby Keita yang lari dari lini kedua berhasil mendapatkan bola dan melepaskan tembakan kerasnya. Kiper Monterrey Marcelo Barovero gagal mengantisipasi arah bola.

Hanya saja, keunggulan itu tak bertahan lama. Hanya selang tiga menit kemudian, juara  Liga Champions CONCACAF itu berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Rogelio Funes Mori. Memanfaatkan bola muntah dalam situasi set piece, ia berhasil membobol gawang Alisson Becker setelah tembakan jarak dekatnya menerobos masuk.

Usai gol itu terjadio, jalannya pertandingan berlangsung lebih sengit, Liverpool mendapatkan perlawanan kuat dari Monterrey. Saling bertukar serangan terjadi, meski hingga babak pertama usai tidak ada lagi gol terjadi.

Di awal babak kedua, kampiun Liga Champions Eropa 2018-2019 itu pun bermain lebih menyerang. Hasilnya, Andrew Robertson hampir saja membawa Liverpool kembali unggul di menit 48. Sayang, sepakannya memanfaatkan kesalahan pemain belakang lawanmasih melayang di atas mistar.

Tiga menit berselang, giliran Dorlan Pabon mengancam gawang Liverpool. Beruntung Alisson tampil impresif, sehingga tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Pabon berhasil dihalau.

Divock Origi sempat mencetak gol di menit 62, tetapi wasit menganulir gol tersebut setelah dirinya dianggap sudah dalam posisi offside sebelum mencocor bola.

Kedua tim pun saling menggempur sepanjang babak kedua. Bahkan Liverpool maupun Monterrey sama-sama memiliki kesempatan untuk unggul andai sejumlah kans yang mereka punya bisa berbuah gol.

Tak juga berhasil, Jurgen Klopp memasukkan Roberto Firmino pada lima menit terakhir menjelang laga bubar.

Keputusan itu terbukti tepat, karena pemain berpaspor Brasil itu mengantarkan Liverpool ke Final Piala Dunia Klub 2019 setelah sontekannya di mulut gawang membuat jala gawang Monterrey bergetar untuk kedua kalinya.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 23:31 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 M

Warta Bumi

Gunung Sinabung luncurkan awan panas sejauh 1.500 meter.

25 Oct 2020 23:15 WIB

Jelang Risma Pensiun, Keluhan Warga di Reses Dewan Masih Sama

Surabaya

Mahfudz tepok jidat kinerja Risma tak berdampak

25 Oct 2020 23:02 WIB

Tim Cyber Media PDIP Lawan Hoax di Pilkada 2020, Ini Tugasnya

Pilkada

Tim ini dilatih untuk melawan kampanye hitam dengan kampanye positif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...