GOJEK SWADAYA Bantu Sejahterahkan Driver Ojol

18 Mar 2019 15:28 Ekonomi dan Bisnis

GOJEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, berupaya menjembatani para mitranya dengan ragam kemudahan melalui program GOJEK SWADAYA.

Program ini berupa pemberian akses manfaat tambahan khusus untuk mitra driver antara lain pengelolaan keuangan, proteksi financial, dan tabungan berjangka yang dikemas dalam tiga pilar utama GOJEK SWADAYA yaitu, ringankan (berisi program untuk meringankan biaya opersional harian driver GOJEK), lindungi (program yang memberikan proteksi diri dan financial) serta rencanakan (program perencaan jangka panjang mitra gojek seperti tabungan haji atau kredit rumah KPR).

"Kami sadar bahwa GOJEK tidak hanya mengembangkan platform, tapi juga ada kebutuhan lain dari mitra kami, seperti kebutuhan pulsa harian, service motor, proteksi financial sampai keinginan membeli rumah, naik haji dan lain-lain. Dengan GOJEK SWADAYA ini kami ingin memfasilitasi ini," ujar Michael Say, Vice President Corporate Affairs GOJEK.

Menurut Michael Say, program ini sudah diluncurkan sejak 2018 lalu. Di Surabaya sudah ada 38 ribu mitra GOJEK yang bergabung tapi angka ini diupayakan terus meningkat agar lebih banyak driver yang merasakan manfaatnya.

Dari 38 ribu mitra yang sudah bergabung, tutur Michael, 30 ribu diantaranya telah mengikuti program proteksi asuransi, selain itu ada lebih dari 8 ribu yang sudah mengikuti program BPJS Ketenakerjakan

"Program ini tidak memaksa, tapi kami ingin angka tersebut terus meningkat bila mitra mengetahui lebih banyak manfaat yang diberikan," ungkap Michael.

Lebih lanjut Micheal, menjelaskan bahwa GOJEK hanya sebagai jembatan antara mitra dengan intansi-intansi terkait. "Cara mudah hanya tinggal membuka aplikasi driver up  dan semua programnya ada situ, untuk syarat-syarat setiap program memang ada. Contohnya kredit KPR memang tidak di setiap wilayah, ada juga ada persyaratan seperti harus jadi driver wajib, pendapatan tiga bulan dan lain-lain," kata Michael.

Apabila mitra sudah tidak bergabung dengan GOJEK perjanjian tersebut tetap akan berlangsung, tapi manfaat yang diterima akan berbeda. Karena ada beberapa manfaat yang khusus hanya diterima oleh mitra.

"Ini yang sering dikeluhkan oleh driver saat acara Kopdar, jadi kami buat sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Seperti visi GOJEK untuk memberdayakan usaha Mikro dan Usaha Kelas Menengah di Indonesia. Secara global sudah sekitar 1 juta mitra dan keluarga yang menerima manfaatnya," tutup Michael. (pita)

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini