Kasi Penkum Kejati Jatim, Richard Marpaung.
Kasi Penkum Kejati Jatim, Richard Marpaung.

Giliran Tiga Mantan DPRD Jatim Diperiksa Kejati

Ngopibareng.id Korupsi 06 August 2018 19:01 WIB

Gelombang pemeriksaan mantan anggota DPRD Jatim terkait kasus dugaan mega korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Jatim pada tahun 2008 senilai Rp 227 miliar, belum berhenti.

Tercatat, tiga mantan anggota DPRD Jatim periode 2004 - 2009, diperiksa oleh tim tindak pidana khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Senin 6 Agustus 2018.

Ketiga mantan anggota DPRD Jatim itu adalah Drs Ahmad Supiyadi SQ, Lambortus Lovis Wajong, DR KH F Masjkur Hasjim. "Ketiganya memenuhi panggilan sebagai saksi dan kelanjutan dari saksi lain yang dipanggil pekan lalu, " ujar Kasi Penkum Kejati Jatim Richard Marpaung.

Hingga saat ini, total sudah ada 10 mantan anggota DPRD Jatim yang dipanggil Kejati sebagai saksi. Pekan lalu, Sudono Sueb dari Fraksi PAN, Achmad Subhan (PKS), Mochamad Arif Junaidi (PKNU), Gatot Sudjito (Golkar); dan Harbiah Salahudin (Golkar) dan almarhum Suhandoyo (PDI Perjuangan).

Rencananya masih ada lima lagi mantan anggota DPRD Jatim yang akan diperiksa pekan ini. "Jadwalnya Rabu dan Kamis nanti ada yang dipanggil lagi, ujar Richard.

Sebelumnya, Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim, Didik Farkhan Alisyahdi menambahkan, mengatakan 15 anggota dewan yang diperiksa merupakan "jalur" dr Bagoes staf ahli DPRD Jatim saat itu yang diduga berperan sebagai makelar proposal P2SEM. (tom/wit)

Penulis : Rahmad Utomo

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 23:00 WIB

Kuasa Hukum MAJU Laporkan Risma ke Kejati Jatim

Pilkada

Diduga langgar aturan netralitas kepala daerah dan ASN di Pilwali Surabaya

14 Oct 2020 13:20 WIB

Jaksa Ajukan Kasasi Atas Vonis Bebas Bos MeMiles

Hukum

PN Surabaya sebelumnya memvonis bebas bos MeMiles

26 Aug 2020 16:49 WIB

Berkas Perkara Jerinx SID Dinyatakan Lengkap

Hukum

Jerinx SID dijadikan tersangka kasus pencemaran nama baik IDI Bali.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...