Giliran Prabowo Dituding Pakai Kacamata Google Glass Saat Debat

23 Feb 2019 17:27 Nasional

Akun Facebook Suara Anda menuding Prabowo Subianto menggunakan kacamata canggih Google Glass terbaru, yang dipakai untuk menyontek jawaban pada debat kedua Pilpres 2019, pada Minggu 17 Februari lalu.

Masih dalam narasi postingan itu, dikatakan juga bahwa kacamata canggih tersebut tidak dilengkapi dengan kaca minus. Sehingga membuat Prabowo kesulitan melihat dan membaca jawabannya.

Berikut narasi lengkap dalam postingan @suaraanda01: "Tercyduk Prabowo menggunakan kacamata canggih Google Glass terbaru yang bisa nyontek jawaban. Perhatikan tangan dan tatapan matanya. Tapi sayang dalam kacamata canggih tersebut tidak dilengkapi dengan kaca minus sehingga membuat Prabowo kesulitan melihat dan membaca jawabannya. Jadi ngawur dah jawabannya."

Kini, postingan yang dibuat Suara Anda itu sudah dibagikan lebih dari 300 kali. Namun, Dedy Helsyanto, member laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH) dalam debunk-nya menyebutkan bahwa konten yang dibuat akun Suara Anda adalah false context atau disinformasi. "Konten atau narasi yang disajikan dengan konteks yang salah," ujar Dedy.

Selain itu, dalam debunk-nya Dedy juga melampirkan hasil tangkapan layar konfirmasi melalui pesan WhatsApp, Juru Bicara (Jubir) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade.

Dengan singkat, Andre menyatakan kabar tersebut tidak benar atau bohong alias hoaks.
"Sebagaimana diketahui kacamata Google Glass sendiri sudah mengalami perubahan beberapa kali dengan terus melengkapi fungsi untuk pemakainya," kata Dedy. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini