Giampaolo Korban ke-8 Kursi Panas Pelatih Milan

09 Oct 2019 22:10 Liga Italy

Era kepelatihan Marco Giampaolo di AC Milan hanya seumur jagung. Giampaolo baru diangkat sebagai pelatih Milan pada musim panas lalu, tepatnya pada 19 Juni 2019. Mantan pelatih Sampdoria itu diikat dengan kontrak sampai 2021.

Namun Giampaolo tak bertahan lama di kursi pelatih Rossoneri. Milan mengumumkan pemecatan Giampaolo, pada Selasa 8 Oktober 2019 waktu setempat. Itu berarti Giampaolo hanya bertahan selama 111 hari sebagai pelatih Milan.

Dikutip dari Italian Football TV, Giampaolo tercatat sebagai pelatih dengan era tersingkat dalam sejarah Milan. Giampaolo hanya memimpin Milan dalam tujuh pertandingan yang semuanya dimainkan di Liga Italia. Bersama Giampaolo, Milan mencatat tiga kemenangan dan sudah kalah empat kali.

Produktivitas Milan juga buruk. Krzysztof Piatek dkk cuma menghasilkan enam gol dan kebobolan sembilan gol.

Milan sempat terpuruk di peringkat ke-16 klasemen Liga Italia pada pekan keenam. Kemenangan atas Genoa akhir pekan kemarin mengangkat posisi Milan ke peringkat ke-13 dengan sembilan poin.

Untuk menggantikan Giampaolo, Milan dikabarkan akan merekrut Stefano Pioli. Mantan pelatih Inter Milan itu sudah tiba di kota Milan. Ia menandatangani kontrak, Rabu 9 Oktober 2019 waktu setempat.

8 Pelatih Korban Kursi Panas AC Milan

Sejak 2014, pelatih pertama yang jadi korban terpuruknya Milan adalah Massimilliano Allegri. Ia dipecat pada musim dingin setelah Il Diavolo Rosso hanya menang lima kali sejak awal musim.

Usai era Allegri, Milan menunjuk Clerence Seedorf sebagai pelatih. Namun, pria Belanda ini hanya mengantarkan Milan finis di urutan ke-8 pada akhir musim 2013/2014 sehingga klub memilih tidak meneruskan kerjasama mereka.

Filippo Inzaghi kemudian di angkat sebagai pelatih anyar pada musim 2014/15. Akan tetapi, pemain legendaris Italia itu dianggap gagal setelah Milan hanya finis di urutan ke-10 di akhir musim. Konsekuensinya, Inzaghi dipecat dan digantikan oleh Sinisa Mihajlovic.

Mihajlovic bernasib sama dengan Inzaghi usai dipecat pada April 2016. Korban kelima adalah Christian Brocchi. Ia dicopot dari jabatannya setelah Milan hanya dua kali menang di tujuh pertandingan.

Vincenzo Montella menjadi pelatih selanjutnya yang harus lengser dari jabatannya. Mantan pemain berjuluk Si Pesawat Terbang itu dipecat oleh Milan pada November 2017.

Sebelum Giampaolo, Gennaro Gattuso menjadi sosok yang merasakan panasnya kursi pelatih Milan. Ia memilih mengundurkan diri di awal musim ini setelah melatih Gianluigi Donnarumma cs satu setengah musim.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini