ilustrasi gerhana bulan penumbra. (Foto: BMKG)

Gerhana Bulan Penumbra Dini Hari Nanti 11 Januari

Warta Bumi 10 January 2020 17:57 WIB

Fenomena gerhana bulan penumbra akan berlangsung pada Sabtu 11 Januari 2020 dini hari. Untuk diketahui, gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Sementara itu, gerhana bulan penumbra adalah peristiwa ketika bulan masuk ke wilayah penumbra Bumi. Penumbra merupakan bayangan kabur ketika terjadi gerhana.
Pada fenomena gerhana bulan penumbra yang akan terjadi dini hari nanti, dipaparkan BMKG dikutip dari bmkg.go.id, gerhana mulai pukul 00.57 WIB.

Kemudian puncak gerhana terjadi pada pukul 02.10 WIB, dan akan berakhir di pukul 4.14 WIB. Dari paparan tersebut dapat diketahui bahwa fase gerhana mulai hingga gerhana berakhir adalah 4 jam 08,7 menit.

Peta gerhana bulan penumbra Foto BMKGPeta gerhana bulan penumbra. (Foto: BMKG)

Disebutkan BMKG, seluruh proses gerhana bulan penumbra dapat dilihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia.

Proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian timur laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian timur.

Proses gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur.

"Gerhana ini tak dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur," tulis BMKG.

Gerhana bulan penumbra 11 Januari 2020 merupakan anggota ke-16 dari 71 anggota pada seri Saros 144. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana bulan penumbra 30 Desember 2001.

Adapun gerhana bulan yang akan datang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 21 Januari 2038.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

11 Jul 2020 13:10 WIB

Rekor Baru, India Tambah 27 Ribu Kasu Covid-19 Sehari

Internasional

Kasus Covid-19 di India melonjak tajam selama sembilan hari.

11 Jul 2020 13:10 WIB

Masjid Al Akbar Batasi Jemaah Salat Idul Adha, Ini Cara Daftarnya

Surabaya

Pembatasan jemaah dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

11 Jul 2020 12:35 WIB

Pemkot Surabaya Sebut Tiga Ribu Pasien Covid-19 Sembuh

Surabaya

Setelah mendapat tambahan 76 orang pasien sembuh, di Asrama Haji Surabaya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...