Gereja Katedral Ikut Layani Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

05 Jun 2019 10:21 Serba-Serbi

Teror bom di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, menjelang lebaran tak menyurutkan semangat umat Islam merayakan hari kemenangan usai berpuasa melawan hawa nafsu selama satu bulan.

Itulah yang terlihat saat salat Idul Fitri 1440 H di beberapa masjid besar di Jakarta, seperti Al Azar, Kebayoran Baru, Masjid Cuk Nya' Dien, Masjid Sunda Kelapa Menteng, dan Istiqlal.
Tidak ada ruang yang kosong. Saf dipenuhi olah jemaah. Yang terlambat datang pun harus rela salat di pelataran luar masjid, di seberang Gereja Katolik Katedral.

Untuk membantu umat muslim yang akan salat Ied, Gereja Katedral menyediakan lahan parkir khusus dan ruang wudhu. Bantuan ini diberikan untuk menjaga toleransi dan kekeluargaan.

"Iya jadi kita sudah stand by bahkan dari semalam teman-teman yang bantu volunteer untuk petugas parkiran sudah siapkan semuanya sehingga stand by, terus kemudian memang dipergunakan saudara-saudari kita yang akan salat Idul Fitri pagi ini," kata Romo Katedral, Christoforus Kristiono Puspo, saat ditemui di depan Gereja Katedral. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini