Forpimda Banyuwangi melakukan senam cuci tangan sebagai upaya pencegahan virus corona, Minggu 8 Maret 2020. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Forpimda Banyuwangi melakukan senam cuci tangan sebagai upaya pencegahan virus corona, Minggu 8 Maret 2020. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Gerakan Pencegahan Corona, Lakukan Senam Cuci Tangan Massal

Ngopibareng.id Jawa Timur 08 March 2020 10:50 WIB

Ratusan orang mengikuti kegiatan senam cuci tangan massal di Taman Blambangan, Minggu, 8 Karet 2020. Aksi ini merupakan upaya pencegahan penularan wabah virus corona.

Masyarakat diajarkan bagaimana mencuci tangan dengan baik dan benar. Masyarakat juga diminta meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumi minuman herbal warisan nenek moyang.

Kegiatan ini diinisiasi Polresta Banyuwangi. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal, Dandim 0825 Letkol Infanteri Yuli Eko Purwanto dan anggota Forpimda yang lain.

"Untuk memberikan rasa sehat di lingkungan daripada masyarakat. Kesehatan itu sangat penting buat kita semua di dalam rangka menunjang aktivitas," jelas Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin.

Dia menambahkan, peningkatan imunitas diri atau kekebalan tubuh itu bisa didapatkan dengan mengkonsumsi tanaman herbal yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal. Karena tanaman herbal dapat menaikkan imunitas tubuh.

"Kami juga menggalakkan penanaman  pohon, khususnya buat obatan sehingga dapat menaikkan imun yang ada," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Banyuwangi mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk sinergitas dari berbagai pihak untuk mencegah penyebaran virus corona. Menurutnya, kebersihan adalah salah satu kunci kesehatan.

"Mudah-mudahan dengan gerakan bersama ini kesadaran untuk mencuci tangan, untuk berolahraga kemudian mengkonsumsi bahan-bahan yang berbasis tumbuhan di sekitar kita akan menjadi tradisi baru bagi masyarakat," jelas Abdullah Azwar Anas.

Pemkab Banyuwangi, lanjut dia, memiliki SOP sendiri dalam penanganan wabah virus corona. Langkah yang telah diambil Pemkab Banyuwangi hari ini disinergikan dengan gerakan pencegahan gerakan cuci tangan dan sekaligus gerakan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman herbal.

Menurut Abdullah Azwar Anas sangat penting untuk meningkatkan daya tubuh masyarakat. Karena kalau daya tahan tubuhnya kuat maka virus akan sulit untuk menyerang tubuh.

"Mudah-mudahan mudahan ini menjadi cara bagi daerah untuk melaksanakan arahan bapak presiden untuk lebih ke meningkatkan daya tubuh masyarakat," tegasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 23:10 WIB

Resmi, Australia Wajibkan Google dan Facebook Bayar ke Media

Aplikasi

Undang-undang ini menjadi yang pertama di dunia.

25 Feb 2021 22:45 WIB

China Kini Punya Empat Vaksin Covid-19

Internasional

China juga belum mengeluarkan izin untuk vaksin buatan Barat.

25 Feb 2021 22:23 WIB

Kepolisian Awali Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Banyuwangi

Jawa Timur

Targetkan per hari bisa vaksin 100 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...