Gempa Rusak Masjid dan Rumah di Probolinggo

11 Oct 2018 21:02 Jawa Timur

Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) yang berpusat di sebelah timur laut Situbondo, Kamis dinihari, 11 Oktober 2018 berdampak hingga di Probolinggo.

Sebuah masjid di Kecamatan Krucil dan sebuah rumah di Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo dilaporkan rusak akibat guncangan gempa.

"Kami menerima laporan, ada dua kecamatan yang terdampak gempa yakni, Kecamatan Krucil dan Kecamatan Gading," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anung Widiarto, Kamis, 11 Oktober 2018.

Namun tidak dilaporkan adanya korban jiwa dan luka akibat guncangan gempa dinihari itu.

Terkait bencana alam tersebut, BPBD langsung menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke kedua kecamatan itu.

TRC dan masyarakat bergotong royong menyingkirkan reruntuhan di Masjid Raudlatul Muhtadin di Desa Krucil dan bangunan rumah di Desa Condong, Kecamatan Gading.

Rumah di Condong yang rusak dihuni Asi Rianto (59), janda yang tinggal sendirian. Bagian belakang rumah (dapur) Asi roboh.

"Syukurlah ibu tidak apa-apa soalnya saat kejadian ibu tidur di bagian depan rumah," ujar Abdul Rohim (35), putera Asi. Dikatakan sejak anak-anaknya berkeluarga, janda tua itu tinggal sendirian di rumahnya.

Anggota Babinkamtibmas Desa Condong, Aiptu Bambang Heriyanto mengatakan, Kamis pagi sejumlah anggota Koramil dan warga setempat langsung bergotong-royong membenahi rumah Asi yang rusak. (isa)