Sejumlah warga mengevakuasi korban gempa di reruntuhan bangunan. (Foto: AP)
Sejumlah warga mengevakuasi korban gempa di reruntuhan bangunan. (Foto: AP)

Gempa Magnitudo 7,0 Guncang Turki, 4 Orang Tewas

Ngopibareng.id Kriminalitas 30 October 2020 22:45 WIB

Gempa magnitudo 7 mengguncang Turki, Jumat, 30 Oktober 2020. Pusat gempa berada di Provinsi Izmir tepatnya di Laut Aegea yang berbatasan dengan Yunani.

Dilansir CNN, Jumat, 30 Oktober 2020, guncangan gempa terasa keras di Pulau Samos, Yunani. USGS melaporkan gempa itu berkekuatan 7 SR berpusat di laut dengan jarak 19 km lepas pantai Pulau Samos, Provinsi Izmir dengan kedalaman pusat gempa berada 16 km di bawah permukaan laut.

Walikota Izmir Tunc Soyer mengatakan hampir 20 bangunan runtuh di provinsi. Pemerintah setempat juga mengeluarkan peringatan dini tsunami. Penduduk diminta untuk menjauh dari garis pantai.

Lewat Twitter, Presiden Turki Turki Reccep Tayyip Erdogan berharap kondisi segera pulih. "Semoga lekas pulih ─░zmir," ujar Erdogan.

"Dengan semua sarana negara kami, kami berada di warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah tersebut dengan semua lembaga dan menteri yang relevan," kata Erdogan.

Saksi mata Zeki Soysal mengatakan, masyarakat Kota Izmir berhamburan ke jalan saat gempa melanda. Bangunan runtuh dan hancur berantakan. Dia berhasil menyelamat diri di saat terakhir. "Aku berhasil keluar di detik terakhir, gedungku runtuh," kata Soysal seperti dilansir CNN.

Soysal mengatakan sempat ada wanita tua di gedung tempatnya berada. Bersyukur, wanita itu bisa diselamatkan. "Ada gedung lain (yang juga hancur) di dekat gedung ini. Mereka masih berusaha menyelamatkan korban yang terjebak," ungkapnya.

Turki dan Yunani memang sama-sama berada di garis patahan gempa. Gempa bumi merupakan peristiwa yang lazim terjadi. Terbaru, pada Januari 2020, gempa besar terjadi di Sivrice, Provinsi Elazig, timur Turki. Sebanyak 30 orang tewas dan 1.600 lainnya terluka akibat peristiwa itu.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 15:46 WIB

KPK Amankan Uang hingga Dokumen Usai Geledah Kantor KKP

Korupsi

KPK menggeledah kantor KKP selama 15 jam lebih.

28 Nov 2020 15:35 WIB

Prediksi AC Milan vs Fiorentina: Lanjutkan Tren Tak Terkalahkan

Liga Italy

Milan belum tersentuh kekalahan di Serie A hingga 8 pekan.

28 Nov 2020 15:27 WIB

Niat Bantu Sesama, Ibu-ibu Gelar Donor Darah dengan Protokol 3M

Rek, Ojok Angel Tuturane

Donor darah digelar dengan protokol 3M.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...