Sbuah rumah di Desa Bulla’an, Kecamatan Dasuk, Sumenep mengalami rusak yang cukup parah akibat gempa yang mengguncang wilayah Sumenep, Rabu, 13 Juni 2018.

Gempa Berkekuatan 4,8 SR Guncang Sumenep, Sejumlah Rumah Dikabarkan Roboh

13 Jun 2018 23:03

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter mengguncang wilayah Sumenep, Madura, Rabu, 13 Juni 2018 pukul 20.06 WIB.

Suwardi Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Tretes mengatakan, gempa terjadi tepat di darat pada jarak sekitar 6 km arah timur Laut Sumenep dengan kedalaman 12 km.

Suwardi menjelaskan, peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan di Sumenep II Skala Intensitas gempa bumi (SIG) BMKG.

"Ini sesuai dengan informasi dari masyarakat yang merasakan gempa bumi ini cukup kuat dan beberapa rumah mengalami kerusakan," kata Suwardi.

Kata Suwardi, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi intraplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas patahan lokal.

Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. "Masyarakat kami imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Akibat gempa tersebut sejumlah bangunan mengalami rusak. Namun belum ada keterangan resmi jumlah kerugian dan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.