Gempa 6,8 SR Berpotensi Tsunami Landa Jepang

18 Jun 2019 22:30 Internasional

Gempa berkekuatan 6,8 melanda wilayah pantai barat laut Jepang, sekitar prefektur Niigata, Selasa, 18 Juni 2019. Getaran gempa yang cukup kuat memicu peringatan tsunami setinggi satu meter.

Diberitakan Reuters, gempa terjadi sekitar pukul 22.22 malam waktu setempat. Badan meteorologi Jepang mencatat pusat gempa berada 85 kilometer timur laut lepas pantai Niigata dengan kedalaman 10 kilometer.

Belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa karena jaringan telekomunikasi ke daerah yang diduga paling parah terputus, menurut kantor penyiaran publik, NHK.

Pemerintah setempat juga langsung menghentikan layanan kereta peluru di kawasan terdampak sebagai tindakan pencegahan. Sekitar 200 rumah tangga diperkirakan kehilangan pasokan listrik.

Badan meteorologi mengatakan gelombang setinggi satu meter telah mencapai garis pantai Yamagata dan Niigata di barat laut Jepang.

NHK melaporkan pembangkit tenaga nuklir Kashiwazaki-Kariwa yang dikelola Tokyo Electric Power tidak terdampak dan tujuh reaktornya telah dimatikan.

Jepang termasuk salah satu negara dengan tingkat kegempaan dan letusan gunung berapi tertinggi di dunia karena berada di Cincin Api Pasifik. (wit/ant)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini