Pusat gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. (Foto: BMKG)
Pusat gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. (Foto: BMKG)

Gempa 5,0 Guncang Kabupaten Pidie Jaya, Tidak Berpotensi Tsunami

Ngopibareng.id Warta Bumi 20 August 2020 23:00 WIB

Gempa bumi magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Kamis, 20 Agustus 2020 sekitar pukul 20.53 WIB. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar, Dhati Cipto Kuncoro seperti dilansir Antara mengatakan, gempa bumi memiliki parameter magnitudo 5,0 dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.86 Lintang Utara dan 96.08 Bujur Timur.

"Atau tepatnya berlokasi di darat, pada jarak 26 kilometer Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 kilometer," kata Djati.

Ia menjelaskan, setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal, akibat aktivitas sesar Sumatera pada segmen Aceh.

Dia mengatakan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa peristiwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser.

Akibatnya, masyarakat merasakan guncangan khususnya di wilayah Banda Aceh dan Pidie Jaya dengan skala intensitas III MMI. Kemudian juga di Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Jaya dengan skala intensitas II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," ujar Djati.

Hasil pemantauan BMKG, setelah gempa tersebut bahwa belum terlihat aktivitas yang menunjukkan gempa susulan. Namun warga diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan informasi yang tidak dapat jelas kebenarannya.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 06:40 WIB

Kim Jong-un Perangi Covid-19, Menutup Ibu Kota Hingga Eksekusi

Internasional

Ketika negara lain terpapar Covid-19, Kim Jong-un klaim bebas virus.

28 Nov 2020 06:20 WIB

Bekal Umat Terbaik, Ini 25 Kata Hikmah Sehari-hari

Islam Sehari-hari

Umat Islam adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia

28 Nov 2020 05:44 WIB

MUA Bubah Alfian Implan Hidung Keropos Gara-gara Filler

Gosip Artis

MUA Bubah Alfian operasi plastik di hidungnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...