Kaligrafi tentang Shalawat Nabi. (Foto: Ilustrasi)

Gemar Baca Shalawat Nabi, Ini Jaminan Khusus Para Malaikat

Islam Sehari-hari 20 May 2020 02:07 WIB

Membaca Shalawat Nabi sangat dianjurkan bagi kaum Muslim. Mereka yang gemar membacanya, adalah perbuatan terpuji. Hal itu dapat dilakukan setiap Muslim di segala tempat.

Membaca shalawat tidak mewajibkan berada di tempat yang suci pun tidak mengharuskan dalam keadaan berwudhu. Bershalawat kepada Nabi ringan amalannya tapi besar pahalanya.

Tentang keutamaan Shalawat Nabi terungkap dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala (S.w.t) dalam Al-Quran.

"Innallaha wa malaikatahu yusholluna 'alan nabi. Ya ayyuhalladziina amanu shallu 'alaihi wa salamu taslima"

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat (memuji dan berdoa) ke atas Nabi (Muhammad s.a.w). Wahai orang-orang yang beriman berselawatlah kamu ke atasnya serta ucapkanlah salam dengan penghormatan kepadanya" [Al-Ahzab: 56]

Malaikat memiliki berbagai janji serta memberi jaminan kepada orang orang yang gemar bersholawat. Pada suatu kesempatan Rasulullah ﷺ sedang berkumpul dengan para sahabat, kemudian beliau ﷺ bersabda bahwa “Malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail عليه السلام telah berkata kepadaku.”

Berkata Malaikat Jibril عليه السلام : “Wahai Rasulullah, barang siapa yang membaca sholawat kepadamu setiap hari sebanyak 10 kali, maka akan aku bimbing tangannya dan akan aku bawa dia melintasi titian (Shiratal Mustaqim) seperti kilat menyambar.”

Dalam pemahaman ini, Shiratal Mustaqim adalah titian atau jembatan yang mesti dilalui oleh setiap insan di alam akhirat kelak. Titian inilah yang menghubungkan antara Padang Mahsyar dengan Jannah Surga dan di bawahnya terdapat Neraka. Keadaan orang yang meniti di atasnya dan kecepatannya tidak sama, ada yang seperti kerdipan mata, ada yang seperti kilat, ada yang seperti angin dan sebagainya. Dan ada pula yang terjatuh di tengah jalan dan langsung masuk neraka.

Berkata pula Malaikat Mikail عليه السلام : “Mereka yang bersholawat kepadamu akan aku beri mereka minum dari telagamu.”

[Telaga Al-Kautsar adalah telaga milik Rasulullah ﷺ, sumber air yang sangat jernih yang disediakan untuk umat Rasulullah ﷺ. Tetapi tidak semua Umat Rasulullah ﷺ dapat menikmati air dari telaga tersebut, hanya mukmin-mukmin pilihan yang akan dapat menikmatinya]

Berkata pula Malaikat Israfil عليه السلام : “Mereka yang bershalawat kepadamu, aku akan sujud kepada ALLAH سبحانه وتعالى dan aku tidak akan mengangkat kepalaku sehingga ALLAH سبحانه وتعالى mengampuni dosa-dosa orang tersebut.”

Malaikat Izrail عليه السلام juga berkata : “Bagi mereka yang bershalawat kepadamu, akan aku cabut ruh mereka dengan lembut, seperti aku mencabut ruh para Nabi.”

اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

Allahumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad, Wa ‘ala Aali Sayyidina Muhammad

تسحروا فإن في السحور بركة

Semoga kita selalu berkesempatan membaca Shalawat Nabi Muhammad S.a.w. sehingga beroleh syafa'atnya kelak di akhirat. Amin.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 01:15 WIB

Berawal Lupa Ultah Pernikahan, Lee Dong Gun dan Jo Yoon Hee Cerai

ngopiK-pop

Jo Yoon Hee telah mengurus perceraiannya dengan Lee Dong Gun.

29 May 2020 01:00 WIB

DPRD Jatim Dukung Penerapan New Normal

Jawa Timur

"Hidup berdampingan dengan corona" harus siap new normal.

29 May 2020 00:46 WIB

Risma Paparkan LKPJ 2019 di DPRD Kota Surabaya

Surabaya

Risma menjelaskan berbagai program yang telah dijalankan pada 2019.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.