Gelombang Tinggi, Pengunjung WPK Perlu Waspadai Ini

22 Jan 2019 17:16 Jawa Timur

Pengelola Wisata Pantai Kutang (WPK) di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan mengeluarkan peringatan agar pengunjung yang datang lebih berhati-hati karena tingginya gelombang laut dalam dua pekan terakhir.

"Kami selalu menyampaikan kepada pengunjung WPK agar ekstra hati-hati. Utamanya pengunjung yang berada di tepi pantai jangan sampai terlalu ketengah laut karena tingginya gelombang, " kata Kepala Desa (Kades) Labuhan Afnan Efendi.

Untuk mengantisipasi kejadisn yang tidak diinginkan menurut Afnan pihak pengelola WPK sudah membentuk tim khusus mengawasi atau mengingatkan pengunjung jika bermain terlalu ketengah.

Tingginya gelombang di wilayah pantai utara tidak menyurutkan pengunjung berwisata di WPK. Setiap hari puluhan hingga ratusan pengunjung datang di destinasi wisata unggulan Kabupaten Lamongan itu. Dihari Sabtu dan Minggu jumlah wisatawan meningkat dua hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa

Akibat tingginya gelombang dan menyebabkan beberapa penahan gelombang disepanjang pesisir pantai labuhan retak dan rusak. Padahal penahan gelombang tersebut menjadi pembatas laut dengan pemukiman warga.

"Besarnya hempasan ombak menyebabkan beberapa bagian penahan gelombang rusak," kata pengurus BUMDes Labuhan Amri Noviantoko.

Selain itu warga Labuhan mayoritas nelayan berhenti melaut selama satu pekan lebih. Ratusan perahu besar dan kecil terlihat diparkir di sepanjang pesisir pantai dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI).(tok)

"Besarnya hempasan ombak menyebabkan beberapa bagian penahan gelombang rusak," kata pengurus BUMDes Labuhan Amri Noviantoko.
Reporter/Penulis : Totok Martono
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini