Gelombang tinggi air laut. (Foto: Istimewa)
Gelombang tinggi air laut. (Foto: Istimewa)

Gelombang Enam Meter Ancam Laut Kidul Jawa Timur

Ngopibareng.id Jawa Timur 20 August 2019 11:11 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang laut dengan ketinggian empat hingga mencapai enam meter berpeluang terjadi di perairan selatan Jawa Timur atau biasa dikenal sebagai laut kidul.

Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana, Selasa 20 Agustus 2019 menyebutkan, gelombang tinggi tersebut berpeluang terjadi hingga dua hari ke depan.

Selain di selatan Jawa Timur, gelombang setinggi enam meter juga berpeluang terjadi di perairan selatan Pulau Enggano dan Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai.

Peningkatan gelombang tinggi terjadi karena terdapat pusat tekanan rendah 1008 hPa di Samudera Pasifik Timur Filipina.

Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 4-25 knot, sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Kepulauan Tanimbar, Perairan Kepulauan Kai hingga Aru, Perairan Fakfak-Kaimana dan Laut Arafuru.

Gelombang dengan ketinggian 2,5 meter hingga empat meter berpotensi terjadi di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simelue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu-Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Aceh hingga Kepulauan Nias.

Serta di Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Banten hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Perairan Selatan Pulau Sawu hingga Pulau Rotte, Laut Sawu bagian selatan dan Laut Timor Selatan NTT.

Juga di Samudera Hindia Selatan Bali Hingga NTT, Perairan Timur Kepulauan Wakatobi, Laut Banda, Perairan Selatan Ambon, Perairan Selatan Kepulauan Letti hingga Tanimbar, Perairan Selatan Kepulauan Kai hingga Aru, Perairan Fakfak-Kaimana, Laut Seram bagian timur, Laut Arafuru, dan Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Nov 2020 17:08 WIB

Lima Imbauan Pemkot Surabaya untuk Warga Hadapi Gelombang Tinggi

Surabaya

Siapkan petugas untuk woro-woro warga.

12 Nov 2020 16:49 WIB

Antisipasi Gelombang Tinggi Susulan, Pemkot Siapkan Pengungsian

Surabaya

Pengungsian disiapkan antisipasi gelombang tinggi di Pantai Kenjeran.

12 Nov 2020 15:30 WIB

Puluhan Perahu Nelayan Nambangan dan Cupat Rusak, Dua Hancur

Surabaya

Mereka berharap Pemkot memberi bantuan kepada para nelayan yang terdampak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...