Gelar Upacara Bendera HUT RI, Ini Pesan Bupati Pasuruan

17 Aug 2019 17:30 Ngopibareng Pasuruan

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Upacara Bendera, di Alun-alun Bangil, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Danramil Rembang, Kapten Arh Nanang Sugito, serta Perwira Upacara oleh Pasi Ops Kodim 0819 Pasuruan, Kapten Inf Boyong Purnomo.

Selain itu, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan didapuk menjadi Pembaca Teks Proklamasi Kemerdekaan, serta 3 kelompok barisan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang sukses mengibarkan bendera merah putih dengan sempurna.

Khususnya Sulistyowati Adi Handayani (SMAN I Gondangwetan), M Hudan Ade Hafif R.T (SMAN I Purwosari) dan M Hisyam Alwandi (SMAN I Purwosari) yang terpilih menjadi petugas Pengibar Bendera Pusaka, serta Junia Novi Kartika Sari (SMKN I Sukorejo) dan Dyah Sasi Kurnia (SMAN I Kejayan) sebagai Pembawa Bendera Merah Putih.

Sementara peserta upacara terdiri dari pasukan bersenjata dan tak bersenjata.Terdiri dari 1 SST Satpol PP, 1 SST Linmas, 2 SSK Korpri, 2 SST Mahasiswa, 2 SSK pelajar SMU/MAN/SMK, 2 SST Kwarcab Pramuka, 2 SST Ormas.

Kemudian, 1 SST Senkom Mitra Polri, 1 SST Kodim 0819 Pasuruan, 1 SST Yonkav 8 Tank Divif 2 Kostrad, 1 SST Puslatpur 3 Marinir Grati, 1 SST Pusdik Brimob Polri, 1 SST Polres Pasuruan dan 1 SST Gabungan terdiri dari 10 Den TNI AU Raci, Starcarkom TNI AL dan Prokimal Grati.

Ditemui setelah upacara selesai digelar, Bupati Irsyad Yusuf menegaskan bahwa Kemerdekaan RI adalah hasil perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya.

Oleh karenanya, segala rangkaian kegiatan bernuansa kenegaraan, dilaksanakan dengan sangat serius dan khidmat. Mulai dari sarasehan kebangsaan, Pengukuhan Paskibraka, Renungan Suci, Tabur Bunga hingga pelaksanaan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih.

"Kemerdekaan kita rayakan seperti ini untuk mengingatkan perjuangan para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita semua. Dan tentu saja menjadi momen kebanggaan bagi kita semua,. Makanya kita laksanakan secara khidmat," katanya.

Untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan, Irsyad berharap agar tema Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 yakni 'SDM Unggul, Indonesia Maju' bisa diterjemahkan dengan baik. Yakni meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam bidang apapun.

"Kita jangan sampai kalah dengan orang luar negeri dalam hal apapun. Teknologi harus kita kuasai, tapi jangan sampai kita melupakan dari mana kita berasal. Karena kita orang Indonesia yang selalu menjaga tata krama, adat ketimuran dan menjunjung tinggi Persatuan dan Kesatuan," ucapnya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)