Pelaksanaan salat gerhana di Masjid Agung Al Akbar beberapa bulan lalu. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Jumatan, Masjid Al-Akbar Siapkan Thermal Scanner hingga Ambulans

Surabaya 20 March 2020 10:45 WIB

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya siap menggelar salat Jumat dan menyiapkan segala keperluan sehingga jemaah yang melaksanakan ibadah dalam keadaan sehat.

Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, pengurus masjid terbesar kedua di Indonesia itu telah beberapa kali menyemprotkan cairan disinfektan di semua titik.

"Kami sudah ada thermal scanner di beberapa pintu, kemudian kami juga menyediakan hand sanitizer di pintu-pintu masjid serta juga akan diberi masker," kata Humas Masjid Agung Al-Akbar, Helmy M Noor saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Kamis 19 Maret 2020 malam.

Dalam ibadah Jumat ini, pengurus masjid hanya membuka tiga pintu saja yakni pintu tiga di sisi utara, pintu 23 di sisi timur dan pintu 43 di sisi selatan.

Pembatasan pintu agar para jemaah dapat terpantau secara teratur oleh thermal scanner yang telah dipersiapkan untuk mengecek kondisi suhu tubuh.

"Kesiapan lain kami setiap hari rutim lima kali mengepel lantai setiap satu jam sebelum pelaksanaan salat sehingga betul-betul bersih ketika digunakan. Sedangkan untuk penyemprotan disinfektan kami lakukan satu minggu sekali," ujarnya.

Tak cukup itu, pihak masjid juga telah menyiapkan poliklinik, dokter, serta tiga unit ambulans yang dapat digunakan jemaah maupun warga sekitar yang membutuhkan. Serta ada sosialisasi hidup sehat dan informasi seputar penyebaran virus corona.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 15:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Lumbung Pangan Nasional

Pemerintahan

Lumbung pangan itu berada di desa Bentuk Jaya kecamatan Dadahup, Kapuas.

09 Jul 2020 14:40 WIB

Kambuh, Residivis Kasus Jambret Banyuwangi Ditembak Polisi

Kriminalitas

Kambuh, Residivis Kasus Jambret ini Kembali Dibekuk Polisi

09 Jul 2020 14:25 WIB

Penerapan Jam Malam, DPRD Surabaya: Itu Langkah Frustasi

Surabaya

Mahfudz menilai kebijakan jam malam Pemkot Surabaya tidak efektif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...