Khofifah saat melaksanakan Salat Gaib untuk Ani Yudhoyono, di Masjid Al-Akbar Surabaya, Sabtu 1 Jumi 2019. (Foto: Faiq/ngopibareng.id)

Gelar Salat Gaib, Ini Kenangan Khofifah Tentang Ani Yudhoyono

Nasional 01 June 2019 21:06 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar salat gaib untuk mendiang Ani Yudhoyono, istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Salat tersebut dilakukan Khofifah di Masjid Nasioanal Al-Akbar Surabaya, Sabtu, 1 Mei 2019. 

Khofifah melaksanakan salat tersebut dengan didampingi oleh putrinya Fatimahsang Mannagalli Parawansa, dan ratusan jemaah yang lain. Salat gaib sendiri dipimpin oleh imam Abdul Hamid Syarifuddin.

Sebelum salat, Khofifah mengaku berduka atas kepergian Ani. Baginya almarhumah Ani adalah figur istri yang begitu mengabdi dan setia mendampingi sang suami, kemanapun SBY pergi

"Kemana Pak SBY bertugas maka Ibu Ani ikut mendampingi. agenda ibu negara selalu berseiring dengan agenda presiden. Jadi penguatan beliau untuk Pak SBY itu luar biasa," lanjut Khofifah.

Tidak hanya itu, keteladanan sosok Ani Yudhoyono yang setia mendukung Presiden SBY juga pernah dibuktikan sendiri oleh Khofifah.

Khofifah ingat, suatu ketika Ani mengirimkan pesan untuk Khofifah melalui seorang ajudan. Saat itu Khofifah sedang rapat bersama Pak SBY yang menjabat sebagai Menkopolhukam era Presiden Kh Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Bu Ani kebetulan telpon saat saya di Kantor Menkopolhukam. Sambil joke beliau sampaikan. Tolong sampaikan ke Bapak kalau saya selalu menunggu dengan sabar di rumah," ucap Khofifah mengutip pesan Ani yang disampaikan padanya.

Khofifah menyampaikan pesan tersebut, di tengah perbincangan dengan SBY, beberapa menteri dan sejumlah awakmedia yang hadir dalam pertemuan.

"Saat itu Pak SBY langsung tertawa. Jadi betapa seorang istri itu luar biasa memberikan support psikologis dan doa, atas suksesnya suami," tambahnya.

Sepeninggal kepergian Ani, Khofifah pin merasakan duka dan bela sungkawa yang mendalam. Ia mendoakan agar almarhumah Ani wafat dalam keadaan yang khusnul khotimah.

Wafatnya Ani kata Khofifah adalah duka bagi seluruh warga bangsa Indonesia. Untuk itu Khofifah pun mengajak seluruh warga dan masyarakat Jawa Timur melaksanakan salat gaib untuk almarhumah .

"Saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk salat ghaib untuk Ibu Ani Yudhoyono bersamaan dengan salat tarawih nanti malam di masjid atau musholla terdekat" kata Khofifah. (frd)

"Bu Ani kebetulan telpon saat saya di Kantor Menkopolhukam. Sambil joke beliau sampaikan. Tolong sampaikan ke Bapak kalau saya selalu menunggu dengan sabar di rumah," ucap Khofifah mengutip pesan Ani yang disampaikan padanya.

Penulis : Farid Rahman

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 21:58 WIB

Survei SMRC: Tingkat PHK Jatim Terendah se-Pulau Jawa

Jawa Timur

Tingkat pemutusan hubungan kerja (PHK) Jatim terendah se-Pulau Jawa.

06 Aug 2020 13:45 WIB

Gubernur: Investasi di Jatim Melebihi Rata-rata Nasional

Jawa Timur

Investasi di Jatim capai Rp51 triliun pada periode Januari - Juni 2020.

06 Aug 2020 13:10 WIB

Dongkrak Perekonomian, Khofifah Fokus pada Industri di Agustus

Jawa Timur

Salah satunya sektor makanan minuman.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...