Ilustrasi: Fa Vidhi/Ngopibareng.id

Gelar Premier League Man City 2014 Terancam Dicabut

Liga Inggris 18 February 2020 15:25 WIB

Gelar Premier League Manchester City pada musim 2014 terancam dicabut oleh otoritas Premier League. Sanksi itu bisa dijatuhkan bila penyelidikan UEFA membuktikan bahwa klub itu melakukan pelanggaran serius terkait financial fair play (FFP) di musim itu. City dinyatakan bersalah karena telah menggelembungkan pendapatan dari sponsor.

Konsekuensi lain yang akan dihadapi City datang dari kompetisi domestik. Sebab, regulasi Premier League menyatakan bahwa setiap klub harus memberikan informasi yang benar untuk mendapatkan lisensi klub kontestan Premier League.

Tanpa campur tangan UEFA, otoritas Premier League saat ini sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Menurut laporan Daily Mail, jika investigasi itu mengungkapkan kebenaran bahwa City telah melakukan pelanggaran, maka akan dilakukan pengurangan poin.

Mahkota juara pun akan jatuh di tangan Liverpool yang menempati peringkat kedua di klasemen akhir.

Premier League sendiri belum mengumumkan hasil investigasi yang mereka lakukan. Namun jika mengacu pada temuan UEFA, kecurangan itu terjadi dalam kurun waktu 2012-2016. Namun, belum diketahui apakah hukuman itu juga akan berlaku untuk musim 2012, dimana City juga menjadi jawara liga. Yang pasti, sejauh ini hanya gelar di musim 2013-2014 yang bisa dicabut bila temuan Premier League sama dengan UEFA.

Di musim itu, The Reds sempat memimpin klasemen sementara Premier League hingga menjelang tiga pertandingan terakhir. Namun, mereka harus kehilangan gelar setelah tumbang 0-2 di tangan Chelsea dan imbang 3-3 dengan Crystal Palace di laga terakhir.

Andai Premier League menjatuhkan sanksi, legenda klub, Steven Gerard yang di sepanjang kariernya belum pernah mengangkat trofi juara Premier League, dan 19 skuad lainnya di musim itu akan menerima medali untuk pertama kalinya.  

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 19:55 WIB

Saling Klaim Soal Mobil PCR, Pemprov Jatim Tunjukkan Surat Resmi

Jawa Timur

Pemprov Jatim tunjukka surat permintaan mobil PCR.

29 May 2020 19:40 WIB

Risma Menangis Ketika Terima Bantuan Alkes dari BIN

Surabaya

Risma terharu sekaligus bahagia karena bantuan ini sangat penting

29 May 2020 19:35 WIB

Risma Ribut Soal Mobil PCR, Ini Spesifikasi dan Kelebihannya

Surabaya

Mobil PCR bisa memeriksa 1600 sampel sehari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.