Salah Satu Maestro Perupa Indonesia Mozes Misdy (kanan) bersama dengan Windu Pamor menunjukkan lukisan hasil melukis on the spot yang dikoleksi Mozes Misdy (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)
Salah Satu Maestro Perupa Indonesia Mozes Misdy (kanan) bersama dengan Windu Pamor menunjukkan lukisan hasil melukis on the spot yang dikoleksi Mozes Misdy (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Galang Dana, Lukisan Seniman Banyuwangi Diboyong Mozes Misdy

Ngopibareng.id Seni dan Budaya 12 July 2020 16:10 WIB

Perupa Banyuwangi memilik cara unik untuk membantu sesama. Mereka menggelar melukis on the spot, Minggu, 12 Juli 2020. Lukisan yang dihasilkan akan dilelang dan hasil penjualan digunakan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 khususnya para seniman. Melukis on the spot ini digelar di Langgar Art, Kelurahan Sobo, Banyuwangi.

Objek lukisan on the spot kali ini adalah seorang perempuan yang sedang bersantai di samping sepeda antiknya. Para perupa menuangkan objek tersebut ke atas kanvas. Ada pelukis yang menggambarkan gadis itu bersantai di bawah pohon yang rindang. "Kami ambil tema refreshing. Jadi setelah lockdown dan sebagainya, tegang dengan dampak Covid-19, kami sekarang refreshing," ujar salah satu pelukis, Windu Pamor.

Perupa asal Kecamatan Genteng ini mengatakan, ada lima perupa di Langgar Art ini yakni N. Kojin, S giyono, Ben Hendro, S. Yono, dan dirinya sendiri. Lima perupa ini sudah ketiga kalinya menggelar melukis on the spot di Langgar Art.

"Ini sudah ketiga kalinya kami melukis on the sport. Pertama, mengambil tema Lencir Kuning dalam rangka new normal. Kedua imun dan iman yakni mbak yang lagi jualan jamu. Yang ketiga refreshing," jelasnya.

Hasil lukisan on the spot ini akan dilelang. Proses lelang dilakukan secara online. Hasil lelang, menurut Windu Pamor akan disumbangkan kepada masyarakat khususnya seniman yang terdampak pandemi Covid-19. "Banyak teman kami seniman yang terdampak Covid-19. Khususnya seniman asal Banyuwangi yang selama ini berada di Bali," tegasnya.

Hingga saat ini setidaknya sudah empat kali membagikan sembako dan masker hasil dari lelang lukisan. Sebenarnya banyak peminat lukisan yang sudah menghubungi. Namun sebagian ada yang ingin melihat langsung lukisannya atau melihat saat melukis on the spot. "Kendalanya banyak peminat atau kolektor yang berada di luar kota dan belum sempat datang ke sini," ujarnya.

Selain itu, melukis on the spot kali ini terbilang istimewa. Sebab proses melukis dilihat langsung salah satu maestro perupa Indonesia asal Banyuwangi, Mozes Misdy. Bahkan salah satu hasil lukisan on the spot langsung dikoleksi sang maestro. "Alhamdulillah salah satu lukisan langsung dikoleksi Bapak Mozes Misdy," ujar pemilik Langgar Art, Imam Maskun.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 03:47 WIB

Habib Luthfi bin Yahya, Pemimpin Para Habaib Zaman Sekarang

Khazanah

Kisah lewat mimpi bersama Rasulullah Muhammad SAW

30 Nov 2020 23:45 WIB

Khofifah Minta Kepala Daerah Percepat Realisasi Anggaran

Pemerintahan

Harap percepatan anggaran untuk tangani dampak Covid-19

30 Nov 2020 23:30 WIB

Pukuli Warga, 4 Polisi Prancis Diseret ke Pengadilan

Internasional

Mereka memukul warga kulit hitam pada 21 November lalu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...