Gelar Malang City Expo, Pemkot Target Transaksi Rp 3 Miliar

18 Jul 2019 16:12 Ekonomi dan Bisnis

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Pemerintah Kota Malang menargetkan transaksi sebesar Rp 3 miliar selama pameran Malang City Expo (MCE) 2019. Pameran UMKM terbesar di Malang ini diselenggarakan selama empat hari mulai dari 17 sampai 20 Juli 2019, di pelataran parkir Stadion Gajayana, Malang.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) Kota Malang Tri Widyani menjelaskan, target 3 miliar merupakan target yang masuk akal, sebab kegiatan yang sama di tahun lalu saja, MCE membukukan transaksi sekitar Rp 2,5 miliar.

“Kita (Pemerintah Kota) optimis, kita sekarang lebih dari tahun lalu. Tahun ini targetnya 3 miliar,” terangnya.

Ada sebanyak 120 stan yang mengisi MCE tahun ini. Rinciannya  terdiri dari 12 Kementerian, kemudian 20 kota/kabupaten se-Jawa Timur, tiga stan dari provinsi yaitu DKI Jakarta, Papua, dan Banten. Kemudian BUMN dan BUMD.

Di sisi lain, Walikota Malang, Sutiaji, menuturkan MCE 2019 ini diadakan untuk memfasilitasi UMKM dengan pembeli.

“Biasanya nanti ada forum buyer to buyer. Semacam link and match dengan buyer,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Victoria Simanungkalit mengapresiasi kegiatan MCE kali ini.

"Ini memang perlu kita dorong untuk event tahunan dan ditetapkan tanggal pelaksanaannya. Dan kita harapkan buyer ke depan bisa menggandengkannya dengan event-event di negara ASEAN," ujarnya.

Dalam ajang  MCE 2019 kali ini, juga akan ditampilkan festival kuliner, game & doorprize, pagelaran seni dan budaya.

Kemudian business meeting buyer dan reseller nasional dan internasional, kontes kopi dan barista Malang, Ngalam fun cooking competition & hotel chef demo, lomba mewarnai 1.000 anak.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini