Gelar Juara Dunia Canelo Alvarez Dicabut

03 Aug 2019 14:49 Lain-lain

Juara dunia tinju kelas menengah Canelo Alvarez kehilangan gelar juara versi International Boxing Federation (IBF) setelah gagal mencapai kesepakatan menghadapi pertarungan wajib.

Canelo Alvarez yang juga memegang gelar juara dunia versi WBA dan WBC, kehilangan gelar setelah gagal mencapai kesepekatan dengan penantangnya asal Ukraina, Sergiy Derevyanchenko.

"Kami merasa kecewa dengan keputusan IBF setelah mencoret gelar juara dunia Canelo Alvarez," demikian pengumuman yang disampaikan oleh promotor tinju asal Meksiko, Oscar De la Hoya.

"Kami menawarkan pihak Derevyancheko sejumlah uang berdasar popularitasnya ynag terbatas, tetapi sejatinya mereka memang tidak ingin mencapai kesepakatan. Tampaknya mereka memang bertujuan agar Canelo Alvarez kehilangan sabuk juara. Ini sikap yang memalukan dunia tinju serta penggemar tinju dunia," sambung De La Hoya yang juga merupakan mantan juara dunia tinju.

Canelo Alvarez merebut gelar juara dunia kelas menengah dengan mengalahkan Daniel Jacobs yang berlangsung di T-Mobile Arena, Amerika Serikat, pada Mei 2019.

Kemenangan ini membawa Canelo Alvarez merengkuh tiga gelar juara dunia bergengsi yakni, WBA, WBC and IBF middleweight. Kini tersisa satu gelar yakni sabuk WBO yang dikuasai Demetrius Andrade.

Canelo Alvarez sebenarnya merencanakan bertemu Derevyanchenko pada Oktober mendatang.

Namun Derevyanchenko disebut-sebut kini mengincar pertemuan dengan mantan juara dunia Gennady Golovkin untuk mengisi gelar juara dunia tinju IBF yang lowong. Sebelumnya, Canelo Alvarez berhasil mengalahkan Gennady Golovkin, petinju yang belum pernah kalah.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini