Gelang Wire, Fashion Item Masa Kini Pilihan Bergaya

27 Mar 2019 23:26 Entertainment

Gelang wire merupakan gelang yang berbahan utama kawat tembaga yang dirangkai dan dibentuk secara teliti dengan dipadupadankan bersama batu kristal atau batu alam.

Wahyuning Wulandari, seorang anggota Peraba (Perkumpulan Perajin Perhiasan Asesoris dan Batu Mulia Jawa Timur) mengatakan, kini gelang wire menjadi fashion item yang sedang tren di pasaran.

"Selain tampilannya yang cantik dan elegan, gelang ini juga bisa dirangkai sendiri dan memiliki ketahanan yang cukup lama," ujar Wahyuning Wulandari, saat ditemui di acara 'Workshop Aksesoris' di Oval Atrium Royal Plaza Surabaya, Rabu, 27 Maret 2019.

Suasana workshop aksesoris gelang wire yang diadakan di Oval Atrium Royal Plaza Surabaya  Rabu 27 Maret 2019 fotoistimewa
Suasana workshop aksesoris gelang wire yang diadakan di Oval Atrium Royal Plaza Surabaya, Rabu, 27 Maret 2019. (foto:istimewa)

Menurut Wahyuning, ketahanan gelang karena menggunakan bahan kawat tembaga yang tak mudah pudar dan berkarat.

Penggunaan batu alam atau batu kristal, tutur Wahyuning, menjadi pemanis gelang serta tidak mudah mengelupas sehingga bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan bahan lainnya seperti, batu mutiara.

"Kawat tembaga yang kami gunakan dalam membuat gelang ini dipilih yang berukuran 1 mililiter (ml) sebanyak 3 kawat dan 0.3 sebanyak 1 kawat ml," ungkap Wahyuning.

Sementara untuk batu kristal atau batu alam, lanjutnya, menggunakan empat buah atau dapat disesuaikan dengan selera masing-masing orang.

Selain itu, pembuatan gelang wire ini tidak terlalu rumit dan untuk memudahkan dapat menggunakan tang yang khusus untuk membuat aksesori.

Wahyuning pun menjelaskan, cara membuat gelang wire ini tidak terlalu susah, hanya saja membutuhkan latihan agar bisa membuat lebih cepat dan rapi.

Pertama, ujar Wahyuning, siapkan bahan yang dibutuhkan yaitu, kawat tembaga. Setelah itu posisikan tiga kawat berukuran 1 ml. Posisikan di atas, tengah, dan bawah. Lalu lilitkan kawat berukuran 0,5 ml pada kawat atas dan tengah, dan lilitkan pada kawat tengah dan bawah, kemudian lilitkan sekali lagi pada kawat atas dan tengah.

"Begitu seterusnya hingga kawat 1 ml tersebut hampir semuanya terlilit," tambah Wahyuning.

Namun, lanjut Wahyuning sisahkan sedikit kawat yang belum terlilit pada bagian pinggir agar dapat dilekukan sesuai model yang diinginkan."Yang harus diperhatikan sebelum bagian ujung ini dilekukan, masukan terlebih dahulu batu kristal atau batu bumi sesuai warna yang diinginkan," jelasnya.

Untuk melakukan ini, kata Wahyuning, agar lebih mudah bisa menggunakan alat bantu tang khusus aksesoris. Gunakan juga kreatifitas untuk membuat model yang indah dan menarik agar gelang wire yang digunakan menjadi lebih trendy.

Lebih lanjut, Wahyuning mengatakan pembuatan gelang wire ini untuk pemula kira-kira membutuhkan waktu sekitar dua jam. Untuk yang sudah ahli hanya butuh sekitar setengah jam saja.

"Kesulitan bagi pemula, biasanya ada saat memengang tang yang masih kaku," imbuhnya.

Untuk perawatanya, Wahyuning menuturkan hindarkan dari sabun, karena sabun berpotensi untuk membuat gelang wire memudar.

Ia juga menambahkan, gelang wire ini sangat cocok untuk dikenakan dalam berbagai acara. Mulai dari keluar bersama teman (hangout), kondangan, atau acara formal lainnya.

"Biasanya yang suka mengenakan gelang ini ialah ibu-ibu, kalau anak muda mungkin kurang suka ya sama modelnya," tutupnya. (pit)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini