Gedung Incenerator RSUD dr Iskak Tulungagung Terbakar

21 Mar 2019 17:20 Jawa Timur

Gedung incenerator RSUD dr Iskak Tulungagung terbakar, Kamis, 21 Maret 2019 sekitar pukul 15.00 terbakar. Kepulan asap hitam pekat membumbung pada gedung di bagian belakang rumah sakit tersebut.

Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut akibat proses pengelasan pada cerobong asap. Beruntung kebakaran tidak sampai merembet ke ruang lain.

Kasubbag Humas Polres Tulungagung AKP Sumaji saat dikonfirmasi melalui teleponnya membenarkan kebakaran yang menimpa rumah sakit yang berada di desa Ringin Pitu, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung.

Menurut keterangan sejumlah saksi yang ada di lokasi kejadian, sebelum terjadi kebakaran, sejumlah pekerja tengah melakukan proses perbaikan cerobong asap dengan menggunakan mesin las.

"Semula tidak ada masalah. Pengelasan cerobong asap berjalan lancar. Saat pekerja kembali melakukan pengelasan pada cerobong asap gedung pembakar limbah medis ini tiba-tiba muncul kepulan asap," kata Sumaji, Kamis, 21 Maret 2019.

Percikan pengelasan diduga mengenai sampah yang ada di luar tungku incenerator, sehingga terjadi kebakaran. Polisi memastikan peristiwa tersebut tidak sampai merembet ke ruang lain dan tidak menganggu penangan pasien.

"Aman, tidak ada ruang lain yang terbakar, sekarang juga sudah padam," ujarnya.

Sementara itu Kabid Damkar Satpol PP Tulungagung, Rakidi, menjelaskan kebakaran tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka. Seluruh pekerja selamat.

"Tadi kami menerima informasi kebakaran pukul 14.35, kemudian kami langsung meluncur ke TKP, sekitar 30 menit api berhasil kami padamkan," ujarnya.

Rakidi, memastikan sejumlah peralatan yang ada di ruang pembakaran sampah medis tersebut dalam kondisi aman, sebab lokasi kebakaran terlokalisir di satu titik.

"Mesin inceneratornya aman, tidak sampai terbakar. Tidak ada barang-barang berharga yang terbakar. Semua aman terkendali," katanya. (wit)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini