Gedung Berhantu Menara Saidah Kembali Viral

01 Oct 2019 17:35 Human Interest

 

Menara Saidah di bilangan Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, masuk dalam Top 10 Trending Topic di Twitter. Kisah misteri di dalam gedung milik keluarga Fahmi Darmawansyah, suami artis Inneke Koesherawati, masih jadi bahasan publik. Seperti diketahui, Fahmi Darmawansyah kini mendekam di Lapas Sukamiskin karena kasus suap empat pejabat Badan Keamanan Laut (Bakamla) pada 2016.

Menurut beberapa cerita, gedung yang kosong selama 10 tahu ini menjadi kerajaan setan. Selain isu misteri, gedung tinggi 28 lantai ini juga terkenal karena gedungnya yang miring.

Hantu paling terkenal yang ada di gedung ini adalah kuntilanak merah. Hantu ini dikatakan sebagai penjaga gedung dan tak jarang mengganggu orang yang lalu lalang di sekitar Menara Saidah.

Terlepas dari misteri yang ada di Menara Saidah, ada video yang menunjukkan isinya. Video rekaman ini didapat dari akun Twitter @jtuvanyx. Dapat dilihat dari unggahannya, dia seperti merekam ulang postingan Instagram @ronniardhianto.

1. Lorong gelap

Si perekam video pertama kali memperlihatkan lorong gedung yang terlihat gelap dengan pilar-pilar besar. Bangunan yang diperlihatkan seperti belum selesai pengerjaannya.
Dinding gedung ini sudah terlihat sangat usang dan kacanya mulai pecah. Gedung ini dibangun tahun 1995 dan selesai tiga tahun kemudian dengan nama Gedung Grancindo.

Gedung ini mengalami rebovasi besar-besaran dan berganti nama Menara Saidah saat dibeli oleh Saidah Abu Bakar Ibrahim, yakni mendiang ibunda Fahmi Darmawansyah atau ibu mertua Inneke Koesherawati.

2. Alat kantor jadul

Kemudian, lanjut ke bagian lebih dalam Menara Saidah. Di sana terlihat adanya monitor tabung tanpa CPU yang tergeletak begitu saja. Debu pun menyelimuti teknologi di era 90-an awal tersebut. Kotor sekali.

3. Ruangan kantor berantakan

Si pemilik ruangan perkantoran sepertinya tak sempat memberesi dokumen maupun peralatan kantornya. Ruangan kantor tampak sangat berantakan. Beberapa dokumen dibiarkan bertebaran di lantai yang kotor. Benar-benar seperti sudah ditinggal sejak lama.

4. Kartu nama pemilik Menara Saidah

Si perekam ternyata berhasil menemukan kartu nama dari pemilik Menara Saidah. Di sana tertulis nama 'Ny Hj Saidah Abubakar'.

5. Nuansa Yunani

Menara Saidah terkenal dengan arsitektur khas Yunani. Mulai dari bagian depan gedung, tulisan nama gedung, hingga bagian dalam gedung. Patung Julius Cesar pun terpajang di dalam bangunan. Lengkap dengan singa yang berada dekat dari patung Kaisar Romawi tersebut.

Suasana khas Yunani semakin terasa dari atap bangunan yang dibuat gambar awan. Pilar khas Yunani pun terlihat di sini.