La Liga 2019-2020Gebuk Sevilla, Barcelona Naik ke Posisi Kedua

07 Oct 2019 04:27 Liga Spanyol

Barcelona Bikin Sevilla Babak Belur

Barcelona melanjutkan tren positif saat menjamu Sevilla di jornada ke-8 La Liga, Senin 7 Oktober 2019 di Camp Nou. Pada pertandingan ini, anak buah Ernesto Valverde membuat Sevilla babak belur setelah dihajar empat gol tanpa balas.

Empat gol kemenangan Barcelona dicetak oleh empat pemain berbeda. Setelah Luis Suarez mencetak gol pembuka untuk Barca, lima menit kemudian giliran Arturo Vidal berhasil menggandakan skor.

Barcelona semakin di atas angin setelah Ousmane Dembele mencetak gol ketiga. Sevilla semakin sulit setelah di pertengahan babak kedua Lionel Messi mencetak gol melalui tendangan bebas yang cukup indah untuk menggenapi kemenangan Barcelona menjadi 4-0.

Di awal babak pertama Barcelona sempat kesulitan merusak pertahanan Sevilla. Bahkan, tim tamu sempat dua kali mengancam gawang Marc Andre ter Stegen. Adalah Luuk de Jong yang nyaris membuat gawang Barca kebobolan.

Peluang pertama ia dapatkan ketika meneruskan umpan silang, namun bola yang mengarah ke gawang masih mampu ditepis oleh Ter Stegen.

Kans kedua De Jong terjadi lewat sundulan setelah menerima umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Barcelona. Sayang, heading sang pemain yang sempat memantul ke tanah justru melambung tinggi. Padahal, Ter Stegen sudah mati langkah.

Alih-alih memecah kebuntuan, gawang Sevilla malah kebobolan di menit ke-27. Diawali dari umpan silang Nelson Semedo, Suarez melakukan tendangan salto untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Dalam kondisi tertinggal, Sevilla mencoba keluar menyerang. Namun Barcelona justru kembali mengoyak gawang Tomas Vaclik. Mendapatkan umpan dari Arthur, Vidal menyelinap di antara pemain belakang Sevilla, dengan sekali sontekan bola yang sempat menerpa bahu Vaclik tetap masuk ke gawang. Skor 2-0 untuk Barcelona.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Sevilla kian tenggelam. Bermula dari kesalahan pemain tengahnya, bola mampu dicuri oleh Frenkie de Jong, ia mengirim umpan ke Ousmane Dembele yang sudah menunggu di sisi kiri.

Melihat pertahanan Sevilla terbuka, Dembele melakukan determinasi ke dalam kotak penalti, kendati sempat dihadang pemain belakang Sevilla, pemain Prancis itu mampu melepaskan tembakan menyilang yang gagal diantisipasi oleh Vaclik. Margin skor bertambah menjadi 3-0 untuk Barca.

Di babak kedua, Blaugrana terus mendominasi permainan. Namun gol keempat Barcelona baru lahir di menit ke-77. Adalah Lionel Messi yang mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangan bebasnya tak mampu dijangkau oleh Vaclik.

Namun Barca harus membayar mahal kemenangan ini karena dua pemainnya sekaligus harus keluar lapangan. Jika Dembele diusir setelah menerima kartu kuning kedua. Pemain debutan, Ronald Araujo juga diusir oleh wasit Antonio Miguel Mateu Lahoz di menit yang sama (87’) karena melanggar penyerang Sevilla, Chicarito.

Berkat kemenangan ini, Barcelona berhasil melesat ke posisi kedua dengan 16 poin. Blaugrana kini hanya tertinggal dua poin dari Real Madrid yang memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 18 poin. Sementara Sevilla berada di peringkat ke-6 dengan 13 poin.  

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini