Begini Gaya Megawati Saat Minta Jatah Menteri Ke Jokowi

08 Aug 2019 14:45 Politik

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri blak-blakan saat menyinggung jatah kursi kabinet untuk partainya. Saat membuka kongres ke V PDI Perjuangan, Mega bahkan minta jatah menteri partainya haruslah yang terbanyak.

"Ini di depan kongres bapak presiden, saya meminta dengan hormat, dengan jumlah menteri yang harus terbanyak," kata Mega dari atas podium saat memberikan sambutan pembukaan Kongres V PDI Perjuangan di Inna Bali Beach Hotel, Kamis 8 Agustus 2019.

Menurut Mega, permintaan langsung dari atas podium seperti yang dia sampaikan merupakan bentuk dari ketegasan dari sebuah partai besar. "Itu namanya baru pukulan. Deb," kata Mega sambil memukulkan kepalan tangannya ke depan.

Menurut Mega, jika dalam kabinet mendatang PDI Perjuangan hanya mendapatkan kursi sedikir, maka dirinya memastikan akan menolaknya.

"Jangan dikira, Ibu Mega, karena PDIP sudah banyak kemenangan sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat. Wee, emoh. Tidak mau, tidak mau, tidak mau. Orang yang ga dapat saja minta," kata Megawati yang seraya disambut seruan setuju para hadiri.

"Horeee," kata mega sambil tersenyum.

Sekadar diketahui, Kongres V PDI Perjuangan dihadiri beragam tokoh di antaranya Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, Wapres terpilih KH Ma'ruf Amin, serta sejumlah pimpinan partai politik dan menteri.

Sementara itu, pembukaan kongres kali ini dimulai pada pukul 13.00 Wita yang diawali dengan tarian selamat datang, lagu kebangsaan, mars partai, himne partai, dan seremoni pembukaan.

Dalam kongres kali ini, kemungkinan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan dikukuhkan kembali untuk memimpin partai banteng moncong putih ini.

"Pada malam hari nanti sesuai dengan jadwal acara untuk pengukuhan kembali Ibu Megawati sebagai Ketua Umum DPP PDI Perjuangan," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, sesaat sebelum kongres dimulai.

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini