Gawat! Generasi Millenial Rentan Alami Kanker Ini

08 Jun 2018 22:45

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Generasi millenial muncul ketika teknologi berkembang pesat. Generasi ini adalah mereka yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000-an. Oleh karena itu, generasi muda millenial sangatlah mahir dalam hal teknologi.

Jika kamu termasuk dalam generasi millenial, kamu perlu hati-hati, karena kamu memiliki risiko terkena kanker kolorektal dua kali lebih tinggi. Bahkan jika kamu merasa sehat sekalipun, kamu dianjurkan untuk mulai merawat diri dengan baik.

Caranya dengan mulai melatih diri untuk mengonsumsi buah dan sayuran lebih banyak. Tak hanya itu, kamu juga bisa mulai melakukan skrinning setiap 5 tahun sekali untuk mengecek apakah ada perkembangan kanker atau tidak dalam dirimu.

American Cancer Society (ACS) baru saja merevisi aturannya. Dalam aturan itu, ACS merekomendasikan agar orang dewasa melakukan skrrining 5 tahun lebih awal sebelum usianya mencapai angka 45 tahun.

Perubahan kebijakan ini didasarkan pada penilitian terbaru yang menunjukkan angka 51 persen peningkatan kanker kolorektal dari tahun 1994 hingga tahun 2014. Artinya, risiko terkena kanker kolorektral sangat tinggi bagi mereka yang lahir di tahun 1990.

Data tersebut menunjukkan peningkatan yang sangat memprihatinkan. Meskipun jarang dibahas, kanker kolorektal berada di urutan keempat menjadi jenis kanker yang paling umum.

Kanker ini akan berkembang di usus besar atau rektum jika tidak terdeteksi lebih awal dan bisa langsung menyebar ke seluruh tubuh. Gejala dari kanker kolorektal ini meliputi diare, tinja berdarah, kram dan disertai dengan penurunan berat badan yang drastis.

Nah, bagi kamu yang meruoakan bagian dari generasi millenial, alangkah lebih baik memulai untuk mengecek kondisi tubuhmu dengan melakukan skrinning.