Gatot Soenjoto (kiri) pemain boneka Tongki era 80-an. (Foto: Facebook @Indonesian Multi Entertainer Gatot Soenjoto & Tongki)
Gatot Soenjoto (kiri) pemain boneka Tongki era 80-an. (Foto: Facebook @Indonesian Multi Entertainer Gatot Soenjoto & Tongki)

Gatot Soenjoto "Boneka Tongki" Meninggal Dunia

Ngopibareng.id In Memoriam 12 September 2020 09:55 WIB

Kabar duka datang dari Gatot Soenjoto. Ia meninggal dunia pada Sabtu, 12 September 2020 dini hari. Ia menghembuskan napas terakhir saat tidur di rumah.

Nama Gatot Soenjoto terkenal di era 1980-an. Ia disukai masyarakat Indonesia, terutama anak-anak karena aksinya bersama bonek Tongki. Ia bahkan memiliki program acara sendiri di stasiun televisi TVRI.

Gatot Soenjoto memiliki kemampuan seni berbicara tanpa menggerakkan bibir atau Ventrilquisme. Mengutip dari Wikipedia, istilah tersebut sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara dari perut.

Gatot Soenjoto kerap membawa boneka Tongki yang dipangkunya saat berinteraksi dengan anak-anak. Suara sang boneka dihasilkan dari suara perutnya. Ketika memandu acara, Gatot Soenjoto juga mempertunjukkan keahliannya sebagai pemusik, penyanyi, dan pesulap.

Keahlian Gatot Seonjoto ini sama seperti yang ditampilkan boneka Suzan milik mantan penyiar radio Ria Enes.

Belajar di New York

Pertama kali Gatot Soenjoto belajar Ventriloquism di New York pada 1974. Saat itu, Gatot Soenjoto berstatus anak band. Ia bermain musik bersama Band Los Morenos Restoran Ramayana. Gatot Soenjoto mengakui gurunya adalah Michael Tannen.

Mengutip dari Ensiklopop, Gatot Soenjoto kelahiran Malang, 28 Agustus 1940. Ia adalah pemain drum di band tersebut. Namun, perkusionis ini juga punya penampilan unik, sesekali ia menganakan busana ala Elvis Prestley.

Duka Keluarga Pondok Tongki

Kenangan indah Gatot Soenjoto semasa hidup banyak diunggah di akun Facebook @Indonesian Multi Entertainer Gatot Soenjoto & Tongki.

Gatot Soenjoto sempat berkolaborasi dengan band anak muda, IRVAN BAND Jakarta. Dalam penampilannya itu, Gatot Soenjoto menempati posisi vokalis.

Di usia 80 tahun, Gatot Soenjoto masih tampil energik dalam balutan busana jeans serba biru dan topi, meski ia memilih duduk selama menyanyi.

Kabar terbaru, putra Gatot Soenjoto, Deva Gatot Permana menuliskan kabar kematian sang ayah.

"Hari ini adalah momen terberat bagi kami keluarga Pondok Tongki. Sabtu dini hari, tanggal 12 September 2020, papa kami tercinta, idola saya, mentor saya Gatot Soenjoto berpulang kembali ke Sang Maha Pencipta," demikian keterangannya.

Gatot Soenjoto meninggal dunia dalam keadaan tidur di kamar pribadinya. "Semasa hidup papa selalu bersama keluarga hingga akhir hayatnya," sambung keterangan tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 20:30 WIB

Machfud Gemar Sowan Kiai, Warga Kejawen Putih Dukung MAJU

Pilkada

Dinilai memiliki kepedulian terhadap siapapun

03 Dec 2020 20:21 WIB

Kepatuhan Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan Menurun

Rek, Ojok Angel Tuturane

Penurunan dimulai saat libur panjang lalu.

03 Dec 2020 20:16 WIB

Satgas Covid Target RS Lapangan di Malang Selesai Dua Pekan

Jawa Timur

Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo meninjau langsung RS lapangan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...