Garuda Dibantai Gajah Putih di Negeri Sendiri

10 Sep 2019 22:21 Liga Indonesia

Timnas Indonesia kembali meneruskan tren negatifnya dalam lanjutan laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup G. Menjamu Thailand di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Garuda senior harus rela dibombardir tiga gol oleh Thailand.

Jalannya laga, Thailand lebih menguasai permainan dengan possesion football. Sedangkan Indonesia cenderung menunggu dan sesekali melakukan serangan balik.

Peluang pertama dimilik Thailand menit ke-9 saat Theratoon Bunmathan berhasil menusuk di sisi kanan pertahan Indonesia. Namun upayanya berhasil digagalkan oleh Andritany.

Indonesia balik mengancam menit ke-17, namun bola liar di pertahanan Thailand gagal dimanfaatkan dengan sempurna oleh Hansamu.

Garuda nyaris kebobolan menit ke-31 saat blunder Andritany dalam mengantisipasi bola tendangan sudut pemain Thailand, gagal ia kuasai dengan sempurna. Bola liar kemudian dicocor oleh Supachai Jaided, beruntung Ruben masih bisa memblok bola.

Indonesia mendapat peluang emas menit ke-34 saat Irfan Bachdim yang lepas dari kawalan pemain belakang Thailand tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper.

Sayangnya sepakan pemain Bali United ini masih terlalu lemah dan berhasil diantisipasi oleh kiper Thailand.

Di penghujung babak pertama, Andritany melakukan penyelamatan gemilang saat menepis tandukan Jaided di depan muka gawang. Skor kacamata menutup jalannya laga di 45 menit babak pertama.

Di awal babak kedua, Beto mendapat peluang matang saat dirinya tinggal meneruskan umpan cantik Bachdim. Namun sepakan pemain asal Madura United tersebut justru tidak mengarah ke gawang.

Menit ke-52, Indonesia mendapat tendangan bebas dekat dari kotak pinalti Thailand. Bachdim yang maju sebagai eksekutor gagal menceploskan bola ke gawang Thailand setelah tendangannya hanya melebar tipis di atas mistar.

Alih-alih mencetak gol, Indonesia harus kebobolan menit ke-55 saat Supachok Sarachat berhasil membobol gawang Andritany. Sepakan pemain asal klub Buriram United tersebut melengkung mulus masuk ke gawang Indonesia. 1-0 Thailand unggul.

Menit ke-64, Andritany melakukan kesalahan yang fatal saat melanggar pemain Thailand di kotak terlarang. Wasit langsung menunjuk titik putih. Theerathon Bunmathan yang maju sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna dan membuat Thailand unggul 2-0.

Tidak henti sampai sana, penderitaan timnas malam ini berlanjut di menit ke-72. Serangan balik cepat Thailand membuat pertahanan Indonesia kalang kabut.

Supachok yang yang berdiri bebas di depan gawang Andritany berhasil memanfaatkan situasi kemelut dengan sontekan yang mengolongi kiper Persija Jakarta tersebut.

Skor 3-0 untuk kemenangan Thailand bertahan hingga wasit meniup peluit 90 menit pertandingan. Hasil ini membawa Thailand berada di puncak klasemen grup G dengan raihan 4 poin. Sementara Indonesia terperosok di dasar klasemen tanpa meraih poin dari dua laga.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini