Pelatih Persebaya, Aji Santoso saat jumpa pers usai pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 11 Januari 2020 malam. (Foto: Fariz/ngopibareng.id)

Soal Pemain Baru yang Belum Padu, Aji: Wajar Mereka Baru Gabung

Liga Indonesia 12 January 2020 06:43 WIB

Kemenangan 4-0 Persebaya Surabaya atas Persis Solo dalam laga bertajuk 'Forever Game' di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu 11 Desember 2020, benar-benar berlangsung meriah. Namun, di tengah atmosfer kuat yang dirasakan selama laga berjalan, masih ada sorotan terkait pemain baru yang belum tampil maksimal di pertandingan itu.

Berdasarkan pengamatan, pemain baru di antaranya Arif Satria, Bayu Nugroho, Patrich Wanggai dan beberapa pemain muda belum 100 persen padu dengan pemain yang sudah lama bersama tim seperti M. Hidayat, Rachmat Irianto, Supriadi, Hansamu Yama, Abu Rizal Maulana, dan Koko Ari.

Terbukti, di babak pertama ketiganya bersama pemain muda yang diberi kesempatan masih kesulitan membongkar pertahanan yang dibangun tim tamu.

Berbeda dengan babak kedua, ketika pelatih Persebaya Aji Santoso melakukan rotasi seluruh pemainnya dengan memasukkan Irfan Jaya, Osvaldo Haay, dan Rendi Irwan. Permainan Bajol Ijo tampak lebih hidup. Tak hanya itu, mereka lebih banyak menghasilkan peluang dan lebih efektif dalam menyerang. Alhasil, Persebaya bisa mencetak tiga gol tambahan.

"Menurut saya itu masih dalam batas wajar karena pemain anyar baru efektif latihan selama empat hari. Memang butuh waktu, tidak mungkin saya bisa menyulap pemain dengan cepat. Tapi secara keseluruhan, terutama babak kedua pemain lama masuk jadi lebih hidup," ujar Aji Santoso usai pertandingan.

Walau begitu, Aji mengapresiasi kerja keras semua pemain yang dinilai memberikan hiburan dengan permainan menarik. Bahkan, kredit poin ia berikan kepada Patrich Wanggai dan Ricky Kambuaya yang tampil baik.

"Patrich luar biasa malam ini, dia cetak gol, tahan bola bagus, sebagai tembok pantul juga bagus, saya apresiasi untuk itu. Ricky Kambuaya juga bagus walau baru bergabung, dari melihat cara main dan skillnya, dia punya kualitas," ungkapnya.

Sadar masih banyak yang perlu dibenahi, Aji berjanji akan memfokuskan latihan untuk mengembangkan taktik permainan, dan pemahaman bermain antar pemain.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2020 07:29 WIB

Kronologi Gisella Anastasia Tersangkut Kasus Carding

Selebriti

Gisella Anastasia tergiur iming-iming harga tiket murah.

28 Feb 2020 07:22 WIB

Jebolan The Voice Indonesia Ini Aniaya Ibunya

Kriminalitas

Trianeta Henuk, jebolan The Voice ditangkap polisi karena aniaya ibunya.

28 Feb 2020 07:17 WIB

Kemarin, Saudi Stop Jemaah Umroh hingga 6 Artis Terlibat Carding

Nasional

Berita kemarin. Saudi hentikan perjalanan umroh serta artis carding.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.