Bungkus Daging, Risma Bagikan 1 Kwintal Daun Pisang ke Masjid

11 Aug 2019 20:20 Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya melalui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membagikan daun pisang sebagai pengganti kantong plastik untuk keperluan Idul Adha.

Usai menjalankan salat Idul Adha di Balai Kota Surabaya dan menyerahkan hewan kurban, Risma bersama jajaran Pemkot Surabaya berkeliling ke beberapa masjid untuk membagikan daun pisang sebagai pengganti kantong plastik.

Risma mengatakan, daun pisang yang dibagikan itu berjenis calathea. Ia mengaku daun-daun pisang yang dibagikan kepada masyarakat itu, dipetik langsung dari rumah kediaman wali kota di Jalan Sedap Malam dan taman depan Balai Kota Surabaya.

"Ini aku ambil sendiri di rumah dinas sama taman surya. Biar bisa dipakai sama warga lah," ujarnya.

Menurut Risma, daun pisang ini bisa membantu pengurangan penggunaan plastik dan menyelamatkan lingkungan dunia, khususnya di Kota Surabaya.

Total, ada 12 ikat daun pisang yang dibagikan oleh Risma. Dalam satu ikatnya, berbobot 10 kilogram.

“Banyak tadi itu. 100 kilo lebih. Insya allah kedepannya bakal banyak masjid yang aku kasih daun pisan ini ya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, M Fikser menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik di kalangan Pemkot Surabaya dan warga Surabaya.

Tercatat, ada empat masjid yang didatangi Risma untuk diberi daun pisang tersebut. Yakni Masjid Al-Muhajirin Jalan Kanginan, Masjid Cheng Ho Jalan Gading, Masjid Rohman Arif Jalan Karang Gayam dan Masjid An-Nur SMA Negeri 2 Surabaya. (alf)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini