Gantikan Gula Pasir Dengan Bahan-bahan yang Lebih Sehat

01 Mar 2017 12:46 ngopiHealth

Gula pasir merupakan salah satu bahan pokok yang harus ada di dapur. Tapi terlalu banyak mengonsumsi pemanis ini dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan.

Mulai dari obesitas, diabetes, kanker dan masalah jantung. Tapi tenang ada banyak bahan alternatif yang dapat menggantikan gula sebagai pemanis.

Anda bisa menambahkan bahan alami ini pada hidangan dan minuman favorit:

1. Madu
Bila ada pertanyaan, apakah madu lebih baik dari gula? Jawabannya ya, salah satu pilihan alami terbaik untuk pengganti gula pasir adalah madu. Selain menyehatkan, madu kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral, kandungan glikemiknya juga lebih rendah dari gula.

2. Kurma
Buah asal Timur Tengah ini kaya akan zat besi, kalium, vitamin B6 dan magnesium yang akan membantu metabolisme tubuh lebih baik. Untuk meraciknya, Anda perlu memisahkan buah kurma dari bijinya, lalu hancurkan buahnya dan buat menjadi sirup.

3. Gula Kelapa
Gula kelapa atau gula aren terkenal dengan salah satu alternatif terbaik pengganti gula pasir dan merupakan ekstrak dari getah pohon kelapa yang direbus dan dikeringkan. Gula berbentuk padat berwarna coklat ini kata akan zat besi, seng, kalium, kalsium dan antioksidan.

4. Sirup Molases
Bila Anda merebus tebu atau bahkan jus buah bit, Anda akan mendapatkan ekstrak atau sirupnya. Molases kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Ini adalah pilihan lain untuk menggantikan gula pasir. 

Itulah keempat jenis pemanis yang bisa gantikan fungsi gula pasir, dan tentunya dapat membuat pola konsumsi anda menjadi lebih sehat. (frd)

Reporter/Penulis : Farid Rahman


Bagikan artikel ini