Gantikan Erick Thohir, Steve Zhang Presiden Termuda Inter Milan

27 Oct 2018 18:35 Internasional

Zhang Kangyang atau yang akrab disapa Steven Zhang resmi diperkenalkan Inter Milan sebagai presiden klub yang baru. Pemuda 26 tahun ini menggantikan posisi Erick Thohir, yang tengah sibuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dikutip dari ESPN, Steven merupakan anak dari Zhang Jindong, owner Suning Holding Group, pemegang saham terbesar Inter Milan. Suning Holding Group merupakan raksasa komersial terbesar kedua dari 500 perusahaan swasta terbaik di Tiongkok dengan pendapatan tahunan setara Rp1200 triliun.

Erick Thohir bersama Steven Zhang
Erick Thohir bersama Steven Zhang.

Lahir pada 21 Desember 1991 di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China, Steven Zhang mengambil kuliah di bidang keuangan dan menerima gelar Sarjana Ekonomi dari wharton School of University of Pennsylvania.

Sebelum berkarier bersama perusahaan keluarga, Steven Zhang bekerja sebagai analis di morgan Stanley dalam Divisi Investmant Banking and Capital Markets, dimana ia menjadi spesialis dalam bidang penawaran umum perdana (IPOs) serta merger dan akuisisi (M&As)

Nama Steven Zhang masuk ke dalam daftar 40 Under 40 sebagai pemimpin bisnis muda yang berpengaruh di China versi majalah Fortune China dalam dua tahun terakhir.

Meski baru menjabat sebagai presiden ke-21 Inter Milan, Steven Zhang sudah bertugas di klub sejak Suning Holding Group membeli saham Erick Thohir dan mantan pemilik klub, Massimo Moratti, sejak Juni 2016.

Erick Thohir yang kepemilikan sahamnya sebagian besar sudah terbeli masih menjabat sebagai presiden selama dua tahun sampai akhirnya ia menyerahkan pada Steven Zhang. Sebelumnya, Erick Thohir sibuk mengurus Asian Games 2018 di Indonesia. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini