Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

Ganjar Terjunkan 15 Tim Relawan Bantu Gempa Sulbar

Ngopibareng.id Nusantara 18 January 2021 14:35 WIB

Di awal tahun 2021, Indonesia mengalami rentetan bencana alam yang tidak hanya menghilangkan tempat tinggal, tapi juga merenggut nyawa warga yang terdampak.

Salah satunya yakni gempa bumi berkekuatan 6,2 SR di Majene dan Mamuju, Sulbar, Jumat 15 Januari 2021 lalu. Akibat gempa itu, sebanyak 78 orang meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di darat tersebut.

Kemudian, kejadian banjir bandang juga terjadi di Kalimantan Selatan yang melanda 10 kabupaten/kota dan menyebabkan 15 orang meninggal dunia serta hampir 39 ribu warga mengungsi.

Jateng Siap Bantu Daerah Bencana

Adanya rentetan bencana itu membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tergerak untuk mengirimkan bantuan sebagai wujud solidaritas sebagai sesama anak bangsa. Ganjar mengatakan segera mengirimkan 15 tim relawan yang akan berangkat pada Selasa, 19 Januari 2021, esok hari untuk membantu penanganan gempa yang terjadi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Hal itu disampaikan Ganjar, usai memimpin rapat penanganan Covid-19 di kantornya, pada hari ini. Pihaknya telah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh di Sulawesi Barat terkait penanganan bencana di sana.

“Insyaallah dari Jawa Tengah besok mau ngirim 15 tim untuk bisa berangkat ke Sulawesi Barat dan tentu saja tidak bisa direct (langsung), mungkin ke Makassar,” kata Ganjar.

Ganjar menyebut juga akan memberikan bantuan logistik yang akan dibelanjakan oleh 15 tim tersebut saat berada di Makassar, mengingat kondisi perhubungan di Sulawesi Barat belum berjalan normal. Hal ini, kata Ganjar, seperti pernah dilakukan saat pengiriman bantuan logistik untuk bencana di Palu.

Selain itu, Ganjar juga telah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan, terkait bencana banjir. “Dengan Kalimantan Selatan kemarin sudah komunikasi dengan pak wagub, dan beliau sampaikan so far (sejauh ini) masih bisa handle (terkendali). Tapi kita siaplah (membantu) sebagai sesama anak bangsa,” ujar Ganjar.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 07:21 WIB

Kunjungan Koordinator Staf Khusus Presiden Ke BPCB Jatim

Nasional

Menguatkan literasi masa lalu sebagai fondasi masa depan.

09 Mar 2021 07:05 WIB

Konflik Internal Partai Politik, Empat Faktor Penyebab

As’ad Said Ali

Figur publik dan kharisma sebagai taruhan

09 Mar 2021 06:53 WIB

Terseret Korupsi Eks Mensos, Cita Citata Bantah Tarif Rp150 Juta

Korupsi

Nama pedangdut Cita Citata disebut dalam sidang korupsi eks Mensos.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...