Ganjar saat meninjau vaksinasi di Puskesmas Demak. (Foto: Dok Prov Jateng)
Ganjar saat meninjau vaksinasi di Puskesmas Demak. (Foto: Dok Prov Jateng)

Ganjar Optimis Vaksinasi Tahap I di Jateng Selesai Sesuai Target

Ngopibareng.id Nusantara 26 January 2021 19:10 WIB

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau proses vaksinasi tahap I termin kedua di Puskesmas Demak 1 dan RSUD Sunan Kalijaga Demak, Selasa. 26 Januari 2021.

Seusai monitoring, Ganjar mengaku optimistis Jateng bisa menyelesaikan proses vaksinasi tahap I sebelum jadwal vaksinasi tahap II dimulai pada 28 Januari 2021.

"Persiapannya bagus, peralatannya oke, pelaksanaannya oke, Pak Kadis juga siap. Kita targetkan puskesmas minimum sehari 50 orang siap, kecil itu. Tadi rumah sakit kita targetkan 200 siap dan tadi setengah hari sudah 143 orang. Jadi artinya mencapai 200 tidak sulit. Kalau ini bisa kita lakukan maka bagus," kata Ganjar kepada wartawan, Selasa, 26 Januari 2021.

Ganjar mengatakan, kesiapan dari tenaga dan fasilitas kesehatan membutuhkan dukungan dari masyarakat. Terlebih saat ini vaksin sudah disebar oleh Kementerian Kesehatan RI hampir ke seluruh pelosok tanah air.

"Kita harapkan dukungan masyarakat, terus kemudian profesionalitas kita dari yang melaksanakan, sehingga bisa lebih cepat lebih tepat, dan kemudian membikin semangat baru," kata Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menitip pesan kepada para tenaga kesehatan yang telah divaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Kalau mencapai 70 persen total herd immunity, maka kita harapkan juga masyarakat konfiden lagi untuk beraktivitas, tapi tetap harus menjaga protokol kesehatan," kata Ganjar.

Soal target vaksin, Ganjar menegaskan jika Jateng siap melaksanakan vaksinasi, sehingga saat ini pihaknya akan terus menghabiskan vaksin yang diterima dari pusat.

"Kalau target sudah ada, kan tinggal nunggu vaksinnya aja. Kalau targetnya kita 24 juta sekian, tinggal nunggu datangnya vaksin. Tenaga yang ada di puskesmas dan rumah sakit maupun vaksinatornya siap. Nanti vaksinnya datang kita habisin. Jadi kita tinggal nunggu kecepatan dari pusat," kata Ganjar.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 07:05 WIB

Konflik Internal Partai Politik, Empat Faktor Penyebab

As’ad Said Ali

Figur publik dan kharisma sebagai taruhan

09 Mar 2021 06:53 WIB

Terseret Korupsi Eks Mensos, Cita Citata Bantah Tarif Rp150 Juta

Korupsi

Nama pedangdut Cita Citata disebut dalam sidang korupsi eks Mensos.

09 Mar 2021 06:40 WIB

Satgas Covid-19 Tak Temukan Sindikat Vaksin Palsu di Indonesia

Nasional

Satgas Penanganan Covid-19 menanggapi isu terkait adanya sindikat vaksin.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...