Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asamara Syarifudin mengukuhkan komunitas Penegak Disiplin Covid-19 (foto:istimewa)
Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asamara Syarifudin mengukuhkan komunitas Penegak Disiplin Covid-19 (foto:istimewa)

Cara Banyuwangi Libatkan Masyarakat Agar Disiplin Bermasker

Ngopibareng.id Jawa Timur 21 September 2020 15:15 WIB

Polresta Banyuwangi membentuk Komunitas Peduli Penegak Disiplin Covid-19. Komunitas yang terdiri dari pegiat sepeda, tukang ojek, kelompok sadar wisata, dan satpam pertokoan ini bertugas membantu aparat keamanan menegakkan protokol kesehatan di masyarakat. Komunitas ini diluncurkan di Polres Banyuwangi, Senin, 21 September 2020.

“Komunitas ini dibentuk dalam rangka pendisiplinan penerapan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk mendukung percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Kapolresta Banyuwangi, Kombespol Arman Asmara Syarifuddin.

Dia menambahkan, komunitas penegak disiplin bermasker ini dibentuk untuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya penggunaan masker guna mencegah penularan Covid-19. Komunitas ini akan melengkapi Kampung Tangguh Semeru dalam memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan pada masyarakat luas.

Dengan adanya komunitas ini, menurut Arman, penetrasi untuk pemahaman protokol kesehatan diharapkan bisa lebih optimal. Komunitas ini nantinya juga bertugas membagikan masker dan selalu mengingatkan penerapan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas masyarakat. 

"Misalkan komunitas sepeda, setiap kali melakukan kegiatan mereka akan menjaga protokol kesehatan. Pokdarwis juga mengingatkan wisatawan untuk menggunakan masker atau menjaga jarak ketika berada di destinasi wisata," terangnya.

Saat ini, kata Kapolresta, pihaknya terus melakukan razia penegakan disiplin bermasker. Tak hanya di kota, kegiatan juga dilakukan di masing-masing polsek hingga desa dan kelurahan. Sanksi tegas pun diberikan, mulai sanksi sosial hingga denda. Kegiatan ini secara rutin dilakukan setiap hari.

“Kegiatan dilakukan di 25 polsek jajaran. Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga turun ke desa dan kelurahan. Sementara, kami berikan sanksi sosial seperti membersihkan masjid dan selokan. Sanksi denda juga diberlakukan saat kegiatan bersama," tegasnya. 

Berdasarkan laman infocovid19.jatimprov.go.id per hari ini, Senin, 21 Septe,ber 2020 di Banyuwangi tercatat 1.159 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan rincian, 210 orang dalam perawatan, sembuh 901 orang, dan meninggal sebanyak 57 orang.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Jan 2021 11:55 WIB

Presiden Jokowi akan Meninjau Bencana Banjir di Kalsel

Nasional

Presiden akan didampingi Mensos dan Menteri PUPR.

18 Jan 2021 11:43 WIB

Michelle Ulang Tahun, Barrack Obama Cuitkan Kata Mesra 

Internasional

Wapres terpilih Kamala Harris juga ucapkan terima kasih.

18 Jan 2021 11:23 WIB

11 Pegawai Covid-19, Pengadilan Negeri Surabaya Lockdown 5 Hari

Surabaya

Ada 11 orang Pegawai Pengadilan Negeri (PN) Surabaya positif Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...