Gandeng 16 Perusahaan, Pemkot Gelar Job Fair Terakhir di 2019

13 Nov 2019 06:43 Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali menggelar bursa kerja atau job fair. Bursa kerja ini yang keenam di tahun 2019 akan diselenggarakan 13-14 November 2019 di Kantor Kecamatan Pakal.

Sebanyak 16 perusahaan berpartisipasi dalam bursa kerja kali ini. Total, ada 551 lowongan yang dibuka untuk masyarakat Surabaya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya Dwi Purnomo mengatakan, bursa kerja kali ini bentuk komitmen Pemkot untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Surabaya. Utamanya untuk warga yang berada di usia produktif.

"Ini sudah enam kali. Kami ingin angka pengangguran semakin turun. Ini bentuk komitmen Pemkot untuk warganya," kata Dwi Purnomo, Selasa 12 November 2019 di Balai Kota Surabaya.

Menurut Dwi, bursa kerja kali ini yang terakhri diadakan Pemkot di tahun 2019. Sehingga, ia berharap masyarakat bisa turut serta dalam gelaran tersebut. Ia menargetkan, akan ada tiga ribu peserta yang berpasrtisipasi.

"Ini terbuka untuk umum. Kali ini target kita ada 3 ribuan yang datang," katanya.

Menurut Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Surabaya, Wieke Widyawati, para pencari kerja harus mendaftar via online. Sehingga, tidak akan terjadi antrean.

"Biar nanti tidak padat, silahkan daftar via online ya. buka laman disnaker.surabaya.go.id/jmf/home. Lalu, upload berkasnya. Waktu hari H, bawa KTP dan berpakaian rapi," katanya.

Ia mengatakan, hingga Selasa 12 November 2019, sudah ada 2.100 orang yang mendaftar. Ia yakin, peserta akan terus bertambah sampai penutupan.

"Pasti ramai dan tidak antri daftar. Sampai hari H tetap kami buka pendaftaran online," kata Wieke.

Menurut Wieke, ke-16 perusahaan yang digandeng oleh Pemkot Surabaya itu berasal dari berbagai sektor. Baik industri, perdagangan, hotel, hiburan, dan lainnya.

"Ya banyak. Ada hotel, resto, barang dan jasa, industri, dan lainnya. Ini kesempatan emas, harus benar-benar dimanfaatkan," katanya.

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini