Lukman Edi (Kiri) dan Abdul Karding. (Foto:Ngobar)

Gak Ngundang Karding dan Lukman Edi, Muhaimin Salah Fatal

Politik 22 August 2019 13:15 WIB

Pengamat politik dari Polical and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, menyebutkan Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin melakukan kesalahan fatal karena tidak mengundang Abdul Karding dan Lukman Edi dalam Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Bali.

"Persoalan ini akan sangat berpergaruh bagi kelangsungan PKB. Abdul Karding dan Lukman merupakan dua tokoh muda yang sangat potensial dan begitu penting bagi perkembangan PKB ke depan," kata Jerry, di Jakarta, Kamis.

Direktur Eksekutif P3S ini menilai bahwa Ketua Umum PKB itu akan menendang Karding dan Lukman Edi dari kepengurusan DPP PKB.

Ia menilai akan terjadi kegaduhan politik apalagi, karena  selama ini Abdul Karding dan Lukman Edi memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi.

"Mereka kan pentolan PKB, jadi setidaknya harus di undang. Cak Imin bikin kesalahan fatal. Keduanya banyak followers juga di internal PKB. Kalau ada masukan baik kenapa harus ditolak. Ini menunjukan kepemimpinan Cak Imin lemah," paparnya.

Keluarga besar Gus Dur yang merupakan tokoh penting PKB juga tak dilibatkan dalam Muktamar PKB dan ini bisa menjadi bumerang bagi PKB sendiri.

"Saya prediksi ke depan akan ada dualisme di tubuh PKB. Barangkali Cak Imin melihat keduanya merupakan ancaman baginya. Jadi sengaja tak dilibatkan. Kendati keduanya mantan Sekjen PKB," ucap Jerry. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jul 2020 12:21 WIB

Mendikbud Disarankan Sowan ke NU dan Muhammadiyah

Pendidikan

Yang menyarankan ini Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR Koordinator Kesra.

25 Jul 2020 09:43 WIB

Terinspirasi Ibnu Hajar, Kakek-kakek Tak Malu Belajar Baca Quran

Nasional

Umur tidak menjadi halangan untuk belajar membaca Alquran.

29 Jan 2020 15:47 WIB

Cak Imin Bantah Aliran Duit Suap Proyek PUPR ke Elite PKB

Korupsi

Hari ini Muhaimin Iskandar diperiksa KPK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...