Gak Kapok Nih, Onan Hiroshi Kembali Hina Indonesia

Internasional 27 February 2018 21:32 WIB

Onan Hiroshi belum kapok. Setelah beberapa hari lalu Kartunis Jepang ini minta maaf ke Presiden Jokowi, Pemerintah dan rakyat Indonesia, dengan posting fotonya yg bersujud, tapi ternyata ia mengulangi perbuatannya. Mengkritik pemerintah Indonesia lewat kartunnya.

Di akun twitter pribadinya, @hiroshionan, kemarin ia malah memposting gambar karikatur tentang serbuan TKA China ke Indonesia.

Masih soal proyek kereta cepat dari Cina, ia menggambarkan, kalau proyek ini awalnya disambut gembira oleh rakyat Indonesia. Digambarkan dengan anak-anak yang bersorak-sorai. Nah di balik itu, ternyata, ada pasukan TKA China, yang berduyun-duyun datang. Pasukan itu ia gambarkan berseragam berbaju merah. Topi kuning. Menggambarkan khas pekerja Cina yang belakangan menyerbu pelosok tanah air. Akibatnya, ia menggambar, tampak orang tua yang kecewa dan menangis.

Di postingannya ini ia mengutip sebuah pepatah. Ia menulis “ kata-kata manis membawa jebakan.”

Juga ia menyebutkan, “jika Anda membeli sesuatu untuk gratis, itu justru akan berbuntut menghabiskan banyak biaya.” 

Bagi Onan, ia juga mengingatkan, “tak ada makan siang gratis.”

Ini yang ia posting:

this is finaly draw. this time,i That really wanted to tell. 今回、私が皆さんに本当に伝えたかった事。 Proverb "There's no such thing as a free lunch" "If you buy something (for) free, it willl cost you a lot." タダより高い物は無い "candied words have trap" 甘い言葉には罠がある 

Kartunis ganteng ini, belakangan viral di media sosial di Indonesia. Ini karena kritikknya yang tajam ke Pemerintah Indonesia. Ia ungkapkan bahwa biaya dan studi banding kereta cepat Jakarta-Bandung, awalnya, sebenarnya dikerjakan orang Jepang. Tetapi setelah jadi, dikasihkan pemerintah Jokowi secara “cuma-cuma” ke Pemerintah Komunis China. Saat proyek itu gak rampung-rampung, pemerintah RI merengek lagi ke Jepang, yang ditolak mentah-mentah oleh pemerintah Jepang.

Atas postingan karikatur terbarunya ini, sampai kini, belum ada reaksi yang kuat dari rakyat Indonesia atau dari pemerintah. Akunnya ini sempat hilang. Kini sudah aktif lagi. Dan ternyata ia kembali lagi menyerang Indonesia. Onan Hiroshi memang belum kapok. (dmr)

Kartunis Onan Hiroshi kananKartunis Onan Hiroshi (kanan)

Penulis : Damarhuda

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...