Kusen Ali, Tim Artistik Teater Gandrik, ketika membahas persiapan di Ciputra Hall, Surabaya. (Foto: Bisri/ngopibareng.id)

Gaet Generasi Milenial, Gandrik Siapkan Tata Artistik Baru

Seni dan Budaya 07 November 2019 08:30 WIB

Teater Gandrik Sambang Surabaya, merupakan tantangan tersendiri. Karena, dengan venue yang istimewa berstandar internasional di Ciputra Hall, Teater Gandrik mencoba untuk menggaet publik penonton dari generasi milenial.

"Tentu saja, gandrik kepingin tidak hanya ditonton oleh penonton tradisional gandrik. Ada segmen penonton lain yang bergabung, termasuk kelompok milenial," tutur Kusen Ali, penata artistik Teater Gandrik.

Dengan upaya menggaet generasi milenial itu, Teater Gandrik mempunyai trik-trik dan aneka gaya dalam penataan artistiknya. Yang jelas, dengan konsep baru yang disesuaikan dengan kebutuhan publik secara umum, tanpa meninggalkan khasnya, sekaligus memberi warna baru yang dibutuhkan generasi milenial itu.

Pesan untuk publik kesenian di surabaya?

"Mari ramai-ramai nonton Gandrik di Ciputra Hall Surabaya mumpung tertawa belum dilarang!," tuturnya.

Pementasan Teater Gandrik kali ini, digelar ngopibareng.id, kerja sama Ciputra Hall, dengan lakon "Para Pensiunan. Menampilkan Raja Monolog Butet Kartaradjasa dan penata musik Djaduk Ferianto ini,
di Ciputra Hall, 6 - 7 Desember mendatang.

Teater Gandrik, seperti biasanya, didukung sejumlah aktor gaek, dan penulis naskah yang memikat, seperti Agus Noor. Selain aktor Butet Kartaredjasa, dalam pertunjukan nanti, ilustrasi musik digarap musikus beken Djaduk Ferianto.

Gedung Representatif

Tak banyak gedung pertunjukan yang layak untuk pementasan seni dan budaya di Surabaya. Bahkan, satu-satunya dan terbaik saat ini hanya Ciputra Hall, Performing Art Center. Di gedung itulah, Teater Gandrik Sambang Surabaya hendak mementaskan naskah "Para Pensiunan" itu.

Gedung ini terletak di kawasan Citra Land, Surabaya Barat. Tepatnya di kompleks Puri Widya Kencana. Satu kompleks dengan Sekolah Ciputra.

Hanya 200 meter dari GWalk, kawasan kuliner dan hang out di kota baru Surabaya Barat ini. Arah belakang GWalk jika masuk dari Unesa. Tak jauh dari danau Citra Land.

Gedung pertunjukan seni dengan kapasitas memadai, satu-satunya yang sudah mempunyai prasarana lengkap di kota ini. Sound system, lighting system, dan kualitas akustik yang sempurna.

Demikianlah, Teater Gandrik akan berusaha tampil optimal dalam memenuhi harapan dan kehausan warga Surabaya akan seni, khususnya teater yang menghibur dan apresiatif.

Teater Gandrik mempunyai karakter khusus dalam menyajikan seni pertunjukkannya. Dalam tajuk "Teater Gandrik Sambang Surabaya", sekumpulan orang-orang kreatif dari Jogjakarta ini, akan hadir di Surabaya.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Sep 2020 15:25 WIB

Juara Bertahan Tour de France Egan Bernal Mundur dari Lomba

Balap Sepeda

Juara bertahan Tour de France Egan Bernal mundur dari lomba.

24 Aug 2020 07:36 WIB

Striker Bayern Munchen Top Skorer Liga Champions 2019/2020

Liga Champions

Striker Bayern Munchen Robert Lewandowski kalahkan Ronaldo dan Messi.

24 Aug 2020 05:35 WIB

PSG Gagal Juara, Neymar Tak Kuasa Menahan Tangis

Liga Champions

Neymar gagal membuat pembuktian atas dirinya sendiri

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...