Ketua LP Ma'arif NU PBNU, Z. Arifin Junaidi. (Foto: Dok. NU)

Gaduh Soal POP, Ketua LP Ma'arif NU Dipanggil KPK

Nasional 28 July 2020 20:58 WIB

Ketua LP Ma'arif NU PBNU, Z. Arifin Junaidi, dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa 28 Juli 3020. Dia diminta memberi masukan mengenai Program Organisasi Penggerak (POP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang kisruh setelah mundurnya organisasi NU, Muhammadiyah, dan PGRI.

Sebagai lembaga pencegahan dan penindakan korupsi, KPK akan mengawasi secara ketat penggunaan anggaran negara untuk program tersebut.

Seperti ramai diberitakan akhir-akhir ini, LP Ma'arif NU PBNU, Majlis Dikdasmen Muhammadiyah disusul PGRI mundur dari POP, karena ketidakjelasan organisasi dan program dari penerima POP.

Berdasarkan penelusuran, ternyata ada organisasi tidak punya kantor dan hanya beberapa orang pengurus tapi menerima POP kategori Gajah. Ada pula organisasi pelaksana CSR dari perusahan yang menerima kategori Gajah. Atas beberapa fakta tersebut KPK ingin mendalami terkait dengan pencegahan penyalahgunaan uang negara.

KPK akan memanggil seluruh organisasi penerima, dimulai dari LP Ma'arif NU, akan dimintai informasi berkaitan dengan alasan pengunduran diri. Selain itu juga meminta informasi tentang awal mula mengajukan proposal tersebut sampai akhirnya mengundurkan diri.

KPK juga mendalami mengenai kriteria organisasi penerima, prosedur, seleksi dan penetapannya sebagai penerima POP. KPK juga minta nama-nama organisasi yang ditengarai ada ketidakberesan dalam pengajuan dan penetapannya

Saat dihubungi Arifin Junaidi membenarkan dipanggil KPK untuk memberi informasi dan masukan terkait POP. "Saya sudah memberikan informasi dan masukan ke KPK," ucapnya.

Namun Arifin tidak bersedia membeberkan informasi dan masukan, karena menurutnya itu domainnya KPK.

Plt juru bicara KPK Ali Fikri, menjelaskan KPK akan meminta masukan dari berbagai pihak tekait gaduh dan anggaran POP.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 06:50 WIB

Mobil Terbakar di Jalan Raya Jalur Kediri-Surabaya

Jawa Timur

Mobil terbakar mengakibatkan pengemudi terluka di bagian tangan.

01 Oct 2020 05:41 WIB

Lima Amalan Penting, Ini Sunah-sunah pada Hari Jumat

Islam Sehari-hari

Dari mandi junub hingga memakai wewangian

01 Oct 2020 05:13 WIB

Membalas Cacian dengan Hadiah, Ini Akhlak Imam Ali Zainal Abidin

Khazanah

Kisah Hikmah Sayid Muhammad Al-Maliki dan tokoh Wahabi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...