Frozen dew atau embun beku diperkirakan bisa terjadi di kawasan Gunung Ijen pada September mendatang (foto: Muh Hujaini/ngopibareng.id)

Frozen Dew Diperkirakan Bisa Terjadi di Kawasan Gunung Ijen

05 Aug 2020 21:40

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Hawa dingin yang terus terjadi belakangan ini diprediksi bisa memicu terjadinya fenomena alam embun yang membeku atau frozen dew di kawasan Gunung Ijen. Fenomena ini dimungkinkan terjadi pada bulan September 2020 ini.

"Kalau melihat di atas masih sering panas dari pada hujan, kemungkinan September (terjadi Frozen dew)," kata Kepala Pos Taman Wisata Alam Gunung Ijen, Sigit Haribowo, Rabu, 5 Agustus 2020.

Dia menegaskan, frozen dew tidak mungkin bisa terjadi selama masih ada hujan. Saat ini, kata dia, di sekitar kaki Gunung Ijen masih sering terjadi hujan.

Dia menambahkan, suhu di Gunung Ijen saat ini sekitar 8 derajat celcius. Sejauh ini, suhu terdingin di Gunung yang terkenal dengan api birunya ini terjadi sekitar seminggu lalu yakni mencapai 6 derajat celcius. Suhu dingin ini diprediksi akan terus terjadi dalam bulan Agustus dan September ini.

"Agustus hingga September masih dingin, sangat dingin. Kemunginan bisa 3 derajat celcius," ujarnya.

Sigit pun mengimbau pada para wisatawan yang akan melakukan pendakian di Gunung Ijen. Wisatawan diminta untuk mempersiapkan diri menghadapi suhu dingin atau pun kemungkinan terjadinya frozen dew di kawasan gunung Ijen. Bagi pengunjung yang akan melakukan pendakian diminta menggunakan baju atau jaket yang agak tebal.

"Dan sebelum melakukan pendakian bisa mengkonsumsi makanan atau minuman hangat," imbaunya.