Erling Braut Haaland, pemain muda paling dicari klub-klub top Eropa saat ini. (Foto: Twitter/@
Erling Braut Haaland, pemain muda paling dicari klub-klub top Eropa saat ini. (Foto: Twitter/@

Freund dan Matthaus Kompak Sebut Haaland Cocok di Liverpool

Ngopibareng.id Liga Jerman 05 November 2020 18:57 WIB

Dari banyak pemain muda hebat yang sedang menjadi sorotan karena penampilan apiknya, Erling Braut Haaland merupakan salah satu talenta muda paling bersinar saat ini. Pemain Borussia Dortmund itu terus tampil produktif dan semakin matang.

Direktur olahraga RB Salzburg, Christoph Freund, mengakui bakat besar Haaland. Pasalnya, potensi pemain yang satu ini sudah terlihat sejak pertama kali dirinya melihat Haaland bermain pada 2016.

Kala itu, Freund harus memantau sendiri dan merekam permainan Haaland. Selain sulit mendapatkan rekaman pertandingannya, hal itu ia lakukan untuk memastikan bahwa informasi tentang sang pemain benar adanya.

“Dia meyakinkan kami sejak awal. Pemandu bakat kami menghubungi dirinya dan orang tuanya. Merupakan keuntungan besar untuk melakukan kontak pribadi dengan dia dan orang tuanya sebelum klub lain mengetahui sang pemain,” kata Freund.

Butuh dua tahun bagi RB Salzburg untuk memboyongnya ke Austria. Pada 2018, Salzburg akhirnya berhasil mendaratkan pemain asal Norwegia itu ke markas mereka dengan besaran kontrak 8 juta euro.

“Saya selalu yakin dengan bakat Haaland. Biaya untuk Haaland saat itu sangat rendah,” katanya.

Penilaian Freund tak salah, Haaland berkembang pesat bersama timnya. Ia mencetak 29 gol dan tujuh assist dalam 27 penampilannya sepanjang bersama Salzburg. Catatan itu pula yang kemudian membuat Borussia Dortmund tertarik untuk merekrutnya dengan biaya 20 juta euro pada Januari 2020.

Pindah klub tak membuat Haaland kesulitan beradaptasi. Faktanya, ia tetap tampil produktif dengan mencetak 24 gol dan enam assist dalam 27 pertandingan yang ia jalani bersama Dortmund.    

“Pada 2018, saya melihatnya sangat fokus, cerdas, dan percaya diri. Dia tahu persis apa yang diinginkannya,” kata Freund.

Freund saat ini aktif memberikan ulasan sepak bola di sejumlah media di Jerman. Dia juga memandu acara sepak bola di Sky Sport Jerman bersama Lothar Matthaus. Dalam beberapa hal, Freund dan Matthaus memiliki kesamaan untuk tim yang tepat bagi Haaland dalam waktu dekat.

Keduanya kompak menyebut Liverpool adalah destinasi yang bagus bagi Haaland jika ingin mengembangkan karirnya untuk beberapa tahun ke depan. Pasalnya, Liverpool memiliki banyak hal yang bisa menunjang karir mantan pemain Molde ini.

“Dortmund adalah 10 tim teratas di Eropa. Tapi dari 10 besar, ada enam tim yang lebih baik dari Dortmund. Dan di salah satunya itulah dia akan bermain dalam suatu momen,” kata Matthaus.

“Saya sedang memikirkan klub-klub top yang pantas bagi Haaland. Tapi sepertinya bukan Bayern Munchen karena Robert Lewandowski masih akan bermain untuk dua atau tiga tahun lagi. Dan Haaland mungkin tidak mungkin bertahan selama itu di Dortmund,” ujar Matthaus dan diamine Freund.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 15:30 WIB

PPKM Diperpanjang, Okupansi Bed Isolasi di Malang Masih Tinggi

Jawa Timur

Okupansi bed isolasi di atas 60 persen.

22 Jan 2021 15:12 WIB

Hafiz/Gloria Ungkap Penyebab Kekalahan dari Ganda Malaysia

Bulutangkis

Mereka mengakui banyak melakukan kesalahan sendiri.

22 Jan 2021 15:00 WIB

Satpol PP Surabaya Ungkap Banyak Warga Abai Bermasker

Surabaya

Bahkan 75 persen pelanggar prokes itu tak memakai masker.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...