Kantor Kedutaan Besar India di Jakarta. (Foto: Istimewa)

FPI Demo Kedubes India, Rute Lalu Lintas Dialihkan

Nasional 06 March 2020 12:25 WIB

Massa Persaudaraan Alumni 212, Front Pembela Islam (FPI) hingga Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) akan melakukan unjuk rasa di Kantor Kedutaan Besar India di Jakarta, Jumat 6 Maret 2020.

Aksi ini merupakan reaksi atas konflik antara umat Islam dan Hindu di timur New Delhi yang menewaskan 42 orang dan melukai puluhan lainnya.

"Menyerukan umat Islam Indonesia untuk melakukan aksi protes ke Kedutaan Besar India di Jakarta pada Jumat, 6 Maret 2020," demikian pernyataan resminya.

FPI bersama GNPF Ulama dan PA 212 mengutuk dan mengecam berbagai tindakan kekerasan dan persekusi yang dilakukan kelompok Hindu dan penguasa India terhadap umat Islam India.

Bentrok antaragama ini bermula dari demonstrasi kecil menentang Undang-undang Kewarganegaraan. Dalam UU tersebut pemerintah India diperbolehkan memberi status kewarganegaraan terhadap imigran yang menerima persekusi di negara asalnya seperti Bangladesh, Pakistan, dan Afghanistan.

Namun, UU itu hanya berlaku bagi imigran pemeluk agama Hindu, Kristen, dan agama minoritas lainnya selain Muslim.

Buntut dari aksi massa tersebut, Polda Metro Jaya mengalihkan rute lalu lintas di sekitar Kedubes India. Kepala Sub Direktorat Pembinaan Penegakan Hukum (Kasubdit Bingakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto menuju Jalan H.R.

Dikutip dari Antaranews, Jalan Rasuna Said III diluruskan ke Jalan Gatot Subroto arah Pancoran atau belok ke kanan arah J Mampang Prapatan.

Arus lalu lintas dari Jalan Mampang Prapatan (di underpass Mampang) yang akan menuju H.R. Rasuna Said dibelokkan ke kiri Jalan Gatot Subroto arah Semanggi.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto arah Semanggi yang akan menuju jalan H.R. Rasuna Said diputarbalikkan di kolong layang Kuningan ke Jalan Gatot Subroto arah Pancoran.

"Pengalihan arus bersifat situasional," kata Fahri.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

14 Aug 2020 11:20 WIB

Naskah Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020

Nasional

Berbagai terobosan disampaikan presiden dalam menghadapi pandemi covid-19.

14 Aug 2020 11:03 WIB

Presiden Ajak Momentum Krisis untuk Kejar Ketertinggalan

Nasional

Presiden ajak bangsa membajak momentum krisis ini raih cita-cita.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...