Foto Silaturahmi Anak Mbah Moen-Habib Rizieq

10 Aug 2019 10:50 Nasional

Foto putra-putra KH Maimun Zubair atau Mbah Moen berkunjung ke kediaman Habib Rizieq Syihab beredar di media sosial. Dari foto-foto yang beredar, salah satu yang terlihat adalah Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin (Gus Yasin).

Selain Gus Yasin, keluarga dari Mbah Moen antara lain KH Abdul Rouf (Gus Rouf), KH Majid Kamil Maimoen (Gus Kamil), dan KH Zuhrul Anam Hisyam, dan lain-lain.

Kabarnya, Gus Yasin baru datang di Mekah, Arab Saudi pada Rabu, 7 Agustus 2019, malam, dari tanah air. Ia mempunyai agenda silaturahmi Nahdlatul Ulama sedunia di Mekah.

Menanggapi foto keluarganya bersama Habib Rizieq, Gus Yasin, membenarkan keluarga besarnya bersilaturahmi ke kediaman Habib Rizieq di Makkah, pada Kamis 8 Agustus 2019 siang waktu Arab Saudi. "Iya, benar (berkunjung ke kediaman Habib Rizieq)," kata Gus Yasin.

Menurutnya, kunjungan ke rumah Habib Rizieq merupakan bagian dari silaturahmi. Dia mengatakan hal itu dilakukan di sela waktu ketika tengah berada di Arab Saudi.

Banyak kalangan menghebohkan kehadiran Habib Rizieq di pemakaman Mbah Moen di Ma’la Makkah, Selasa 6 Agustus 2019. Gus Yasin meminta agar hal tersebut dihentikan.

“Itu aja tidak ada unsur politik atau apa, saya berharap lah kita tahu di media sudah seperti itu, Kiai Maimoen sudah bahagia kenapa kita bikin permasalahan di meninggalnya Kiai Maimoen ini. Tidak usah upload, tidak usah diembelin dengan ini-ini kalau mau doa ya doa saja ga usah dikasih embel-embel,” katanya.

Gus Yasin menegaskan, pertemuannya dengan Habib Rizieq hanya pertemuan silaturahmi. "Pembicaraan hanya tentang pemakaman, kewalian Kiai Maimoen, siapapun mendoakan, itu saja yang dibicarakan," bebernya.

Mbah Moen wafat di Mekah saat menjalankan ibadah haji pada Selasa, 6 Agustus 2019 sekitar pukul 04.17 waktu Arab Saudi. Mbah Moen sempat disalatkan di Masjidil Haram.
Jenazah Mbah Moen lalu dimakamkan di kompleks pemakaman tertua di Mekah, Al Ma'la.

Dalam momen itu, Habib Rizieq sempat datang dan berdoa di makam Mbah Moen.
Habib Rizieq sendiri sampai saat ini masih berada di Mekah, Arab Saudi. Mengenai keberadaannya di tanah suci juga menjadi polemik panas di tanah air.

Sejumlah pihak menyebut dia melarikan diri dari kasus hukum. Sebagian pihak yang lain menyebut Habib Rizieq ingin kembali ke Indonesia tapi tidak diperbolehkan pihak imigrasi.

Namun, Habib Rizieq dikabarkan mempunyai sangkutan denda overstay senilai Rp110 juta. Itu belum termasuk kerabat yang turut tinggal bersama Habib Rizieq.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini