Penyemprotan cairan disinfektan di ruangan kerja Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution. (Foto: Instagram @pemkomedan)

Foto Penyemprotan Disinfektar Setelah Plt Walikota Medan Positif

Nasional 07 August 2020 22:00 WIB

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution muncul ke publik lewat video, Jumat 7 Agustus 2020. Dia menyampaikan kondisi kesehatannya setelah dinyatakan positif corona atau Covid-19. Dalam video itu, Akhyar Nasution telihat menggunakan kaus merah, masker dan kacamata.

Akhyar Nasution mengaku sudah 14 hari dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, dia tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Royal Prima Medan.

"Hari ini adalah hari ke 14 saya terpapar Covid-19. Kondisi saat ini semakin membaik. Rasa demam dan batuk mulai menghilang," ucap Akhyar Nasution dengan suara serak.

Ternyata paru-paru mantan politisi PDI Perjuangan itu belum pulih 100 persen. "Saat ini mengembalikan kondisi paru-paru agar oksigen saturation di atas 95 persen," sambungnya.

Akhyar Nasution menjelaskan dirinya dinyatakan positif setelah dua tes swab sebelumnya dinyatakan negatif. Dia juga mengatakan dirinya sempat mengalami badai sitokin.

"Hal ini terjadi karena setelah 2 kali hasil swab dinyatakan negatif, kemudian saya pulang ke rumah. Nah, ketika itulah saya mengalami badai sitokin. Badai sitokin merupakan ada partikel koordinasi antibodi yang melakukan lompatan dari bagian bawah paru-paru ke bagian tengah dan bagian atas sebagian daripada paru paru. Mungkin inilah yang menyebabkan saya menjadi positif," ujarnya.

Setelah Akhyar Nasution dinyatakan terinfeksi virus corona, kantor Walikota Medan pun langsung disemprot cairan disinfektan, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Penyemprotan disinfektan dimulai setelah seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pulang kerja, tepatnya sekitar pukul 17.00 WIB. Penyemprotan dilakukan oleh tiga orang petugas dari Bagian Umum Setdakoi Medan. Mereka dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD), seperti baju asmat, face shield, sepatu bot, masker, sarung tangan serta kacamata.

Bagian yang pertama kali disemprot cairan disinfektan adalah ruangan Walikota Medan yang berada di lantai dua. Setelah itu dilanjutnya penyemprotan di seluruh ruangan yang ada di Balai Kota, mulai lantai dasar hingga lantai empat. Penyemprotan berjalan lancar, sebab seluruh ruangan telah kosong sehingga memudahkan petugas bekerja.

“Yang kami semprot pertama ruangan Bapak Akhyar yang berada di lantai II, begitu juga dengan ruangan lainnya. Kami ditugaskan untuk menyemprot seluruh ruangan yang ada di Balai Kota,” kata salah seorang petugas.

Penyemprotan seluruh ruangan berlangsung hingga malam hari. "Setelah ada konfirmasi dari Pak Plt Walikota positif Covid-19, semua ruangan di kantor walikota langsung kita semprot cairan disinfektan. Kita sengaja melakukan penyemprotan mulai sore hari setelah seluruh pegawai pulang kerja. Kalau tidak siap hari ini, penyemprotan akan dilanjutkan besok, tapi kita upayakan hari ini juga selesai,” jelas Kabag Umum Setda Kota Medan, Andi Syahputra.

Berikut ini foto-foto penyemprotan disinfektan di kantor Walikota Mendan dikutip dari akun resmi Instagram @humas_pemkomedan:

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...