Foto pasukan Garda Nasional yang tidur di parkiran mobil viral dan memantik kemarahan serta permintaan maaf dari Presiden Joe Biden. (Foto:Twitter)

Foto Pasukan Garda Nasional AS Tidur di Parkiran, Viral

23 Jan 2021 13:38

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Foto pasukan Garda Nasional yang sedang tidur di parkiran mobil, selama menjaga pelantikan Joe Biden, viral. Foto itu memantik protes dari sejumlah politisi. Presiden Joe Biden pun menyampaikan maaf.

Foto yang tersebar sejak Kamis, 21 Januari 2021 itu memperlihatkan banyak pasukan sedang tidur di parkiran mobil, usai pelantikan Joe Biden. Media di Amerika Serikat menyebutkan jika Presiden Joe Biden menyampaikan maaf dan bertanya apa yang bisa dia lakukan.

Sedangkan ibu negara Jill Biden mengunjungi sejumlah pasukan dan menyampaikan terima kasih secara personal, sambil membawakan biskuit dari Gedung Putih. "Saya hanya ingin datang dan mengatakan, terima kasih kepada semua telah menjaga saya dan keluarga saya aman," katanya, dilansir dari BBC.

Sejumlah media massa menyebut jika perintah menarik pasukan Garda Nasional dari Capitol pada Kamis, datang tanpa penjelasan pasti. Belum jelas pula alasan yang menyebutkan mengapa mereka ditarik dari Capitol. Namun pada Kamis petang, keputusan menarik pasukan dari Capitol ditarik. Mereka diizinkan kembali ke Gedung Capitol.

Viralnya foto tersebut ditanggapi dengan keluarnya pernyataan bersama dari Garda Nasional dan Polisi Capitol pada Jumat, 22 Januari 2021 waktu setempat. Pernyataan menyebutkan jika para tentara mendapatkan ruang yang pantas untuk beristirahat, di dalam Capitol. Mereka juga menyampaikan jika para tentara mendapatkan akomodasi dengan tinggal di dalam hotel atau rumah penginapan.

Sementara foto yang viral itu memantik banyak kemarahan dari sejumlah politisi. Terbesit pula kekhawatiran jika pasukan tersebut terpapar Covid-19 akibat kondisi yang tidak higienis dan buruk. Reuters sebelumnya menyebut sebanyak 150 di antaranya telah terpapar Covid-19.

Salah satu politisi yang merespon foto tersebut adalah Alxandria Ocasio Cortez. Politisi dari Demokrat itu mencuit sambil menawarkan anggota Garda Nasional untuk menempati kantornya sebagai tempat beristirahat. (Bbc)